Si Horas Martandang

Petrus Marulak Sitohang (par Bintan)

Si Horas adalah pemuda yang sangat pemalu.Suatu hari dia mengajak sahabat dekatnya martandang ke rumah seorang gadis yang sedang disukainya.

“Jabingar, malam ini temanilah aku menemui si Purnama yang sering kuceritakan itu,” bujuk si Horas. “Aku mau menyampaikan kalau aku sangat mencintai dia dan ingin menjadi pacarnya.”

“Horas, bukankah lebih baik suasananya kalau hanya ada kamu dan dia pada saat-saat seperti itu,” kata si Jabingar mencoba menolak.

“Tidak. Sebaiknya kamu ikut dulu. Setelah beberapa saat aku akan beri kode supaya kamu pergi duluan. Lalu aku akan sampaikan kepadanya saat kami berdua,” kata si Horas.

“Baiklah kalau begitu,” kata si Jabingar.

Setelah tiba di rumah si gadis, si Horas memulai pembicaraan dengan menanyakan kabar gadis pujaannya dan memperkenalkan sahabatnya tadi.

“Ito Purnama, kenalkan ini sahabatku,” kata si Horas kepada si Purnama sambil menoleh kepada si Jabingar.

“Horas ito. Jabingar.”

“Horas ito. Purnama.”

Setelah saling menanyakan asal dan silsilah kelurga masing-masing ternyata Jabingar dan si Purnama masih ada pertalian saudara. Si Jabingar ternyata adalah keponakan dari sepupu namborunya Purnama.

“Ternyata kita marpariban ya?” kata si Jabingar kepada si Purnama yang membuat suasana menjadi semakin akrab. Si Horas pun ikut merasa senang. Tanpa disadari perbincangan antara Si Jabingar dan si Purnama tentang keluarga masing-masing ternyata sudah berjam-jam hingga si Horas melirik jam tangannya. Si Jabingar yang mengetahui sinyal yang diberikan oleh si Horas melihat ke arah Purnama dan berkata.

“Ito aku mau ke warung di depan sebentar saja. Rokokku sudah habis.” kata si Jabingar kepada Purnama sambil melihat ke si Horas.

“Eh tunggu dulu Jabingar. Sebaiknya kamu di sini dulu. Ada yang penting sekali ingin kusampaikan kepada ito Purnama,” kata si Horas sambil menahan si Jabingar yang sudah hendak beranjak.

Si Jabingar mulai bingung. Karena ini di luar skenario yang mereka sepakati sebelumnya. Setelah terdiam beberapa saat, si Jabingar bergantian memandangi Purnama dan si Horas temannya yang tampaknya agak sedikit grogi.

“Tapi sebaiknya aku beli rokok dulu sebentar. Kau tahu, rokokku sudah habis sejak tadi.” kata si Jabingar masih ingat bahwa si Horas ingin menyampaikan isi hatinya kepada si Purnama. Dan tidak seharusnya dia berada di sana saat-saat seperti itu.

“Jangan. Nanti saja. Sekarang aku mau kamu ada di sini.” kata si Horas memohon sambil meremas-remas kedua tangannya yang sepertinya kedinginan.

“Okelah. Kalau begitu sampaikanlah kepada ito Purnama apa yang mau kamu sampaikan…” kata Jabingar mengalah dan duduk kembali.

Si Horas hanya terdiam untuk beberapa saat. Sesekali dia melihat ke si Jabingar yang setiap kali memberi tanda kepada si Horas agar segera menyampaikan maksudnya.

“Sampaikanlah Horas,” kata si Jabingar mencoba memberi semangat kepada si Horas.

“Aku sampaikan saja sekarang ya?” kata si Horas kepada si Jabingar seperti mendapat kekuatan baru.

Mendengar itu lalu si Horas menoleh kepada si Purnama.

“Baiklah ito. Errrr………Maksudku….errrrr……..kami permisi dulu mau pulang ya……… Hari sudah larut malam…” kata si Horas kepada si Purnama.

*Martandang (bahasa batak) = berkunjung

29 thoughts on “Si Horas Martandang

  1. halahhh.. jadi teringat cerita ni inong awak klo dulu among itu malu2 katakan cintanya… sampe2 bawa teman segala untuk itu ale dang jadi.. wakakakaka….

    Hmm…turun nggak ya sama anaknya?πŸ˜‰

  2. Lucu ….tawa sendiri saya disini… Kasihan banget nama si Horas, jadi korban terus…..Semoga aja bila ada yang memberi komentar ini bertepatan nama Horas…Semoga aja maklum ….
    Soalnya nama Horas…TOPP…sich…

  3. Godang dongan na songon si Horas on. Molo mengadopi tentara, manang polisi, nang buaya pe dang adong biarna nanggo apala saotik.

    Alai molo jumpang dohot anak boru na lomo ni rohana, pittor mangka girgir do dihilala gabe songon na maoto…

  4. @Inangtua Rondang
    Kenapa lah pemilihan namanya si Horas dibikin Uda Sitohang ini ya inangtua, hehehe…

    @Uda Sitohang par Bintan
    Molo uda songon si Horas i do tingki martandang tu jabu ni inanguda?πŸ˜‰

  5. @riyanthi
    kalau begitu kubikin waktu martandang ke asrama ingangudamu di Bintan Resort sudah disambar orang duluan lah dia. Pesaing awak dari segala suku di Indonesia, malah orang Spore dan Jepang.

    Waktu awal-awal martandang ke asramanya dulu banyaknya pesaing yang datang sama-sama di asramanya. Yang awak bikinnya jurus jugul. Kutunggu sampai semua pesaing pulang dulu baru awak pamit pualang. Belakangan baru pelan-pelan mengalah para pesaingku. Ketika yang lain-lain itu tidak datang-datang lagi tinggallah daku seorang…

    Oh ya, sebenarnya aku pertama kali kenal inangudamu itu waktu si Horas minta aku menemani dia martandang ke asrama inangudamu itu…

    He..he..he..brarti bisalah uda jadi panutan cowok-cowok dalam merebut hati para wanita ya uda?πŸ˜‰

  6. Memang benar…itu …pernah juga ngalami seperti itu. Tapi kenapa begitu ya…sepertinya meper menghadapi wanita kesukaannya..Kadang ngelirik2…tapi kata tidak pernah keluar, dilihat dekat/senang dengan yang lain..agak beda karakter…ach…jadi bernostalgia….kiat nich…

    Hayo…dohot ise inangtua????πŸ˜‰

  7. turun saotik dabah ri…. ale dang pola nian sampe mangajak dongan.. main tunggal do tong ale jolo mangkitiri hera na hona setrum listrik.. hehehehe…

    Bah..ha..ha..ha..ha..alai olo do nian ibana tu ho?πŸ˜€

  8. Ada..aja.. dech…Rahasia dong….Kenangan indah semuanya…

    Akh, nggak enak inangtua ini, nggak mau dikasih taunya, hehehe…

  9. @ pardosa
    dang holan ho songoni kedan. tikki sma ujui, molo naeng manjumpangi “si dia” iba, olo do jolo sappulu hali nihaliangan manang mondar mandir i dalan tu jabunai hira na so binoto alamat. Olo muse do gabe sundat mampir tu jabuna i.

    taringotna didia do ho di dolok sanggul kedan. Maronan tu Doloksanggul do inang simatuahu. Hea musedo marminggu di Gereja Katolik i. ai hela ni par Sitio-tio Bakkara do ahu poang… Nungnga hea ho tu sitio-tio tahe.

  10. @sihotang par bintan
    hahahaha… ido ra ateh… dang binoto alani holong niba do sampe taroktohon iba…πŸ˜€

    molo au di doloksanggul apala di pasaribu do abang.. jonok do tong tu gareja katolik i.. hihihi…

    tu sitiotio?? hea ma attong dah… termasuk “siganjang pat” do iba naujui.. tikki poso.. hahahaha…. hampir sering do turun tu bakara au alana sering dohot pastor mar-“stasi”

  11. @sitohang par bintan
    maap jp abang nga gabe tarbilak hubaen komen hu nadiginjang i.. maksud hati sitohang do ale gabe sihotang tarketik… manganju majo abang ateh tu naposo on..πŸ˜‰

  12. @sitohang par bintan
    hahahaha….. nga jelek on.. nga ikkon mengirit muse iba lao manuhor dekke asa adong sulang on.. hape BBM pe nga lam arga… bah… kassiii dahhhhhhh..πŸ˜€

  13. @ pardosa
    Nungnga leleng niluluan pardosa gabe dongan di dunia mayaon. las roha jumpang dohot ho puang.

    nungnga hujaha muse cvmi. Ngeri nai fuang…? boha do dibahen ho boi songon i.

    Uju SMA nahinan, tung soadong do pardosa na mangalaosi puttehu doba. Adong sada dongan asli pardosa, anakni tokke hamijjon, holanna dilagai guru nami do molo tikki ujian. alana sai dipepet si tigor ondo huddulanna tu au songon na mar hallet-hallet asa boi di serbeng-serbeng lembar jawabanhu…

    alai sotung diparbagas ho ateh. na margait do au. nasasintongna las rohangku jumpang dohot pardosa puang. jala napistar muse…

  14. Mungkin ra si Horas on, subangni hadatuonna do molo marhata nanget dohot anak baru ate.

    Asal ma unang marsubang na tabo i ate itoπŸ˜‰ Mauliate nunga mardalani tu son bah…

  15. Ai goarna pe si Horas, molo martandang na margoar si Horas dang hea sukses on, alana Horas toruskan? ( Selamat Datang = HORAS, Selamat Tinggal = HORAS ) eh tahe bagian mi da Horas!!!!!

    Hehehehhehehe…ito on…horas ma ito.

  16. hehehehe….horas,,horas…nasibmulah kedan..

    type seperti inilah yang disebut; jatuh cinta 2 kali ditolak 4 kali, jadi selalunya minus,…gak pernah surpluss, baiknya sich jatuh cinta 1 kali di terima 1 kali ya..

    hmmmm…par batam

    Terima kasih sudah berkunjung. Si Horas memang selalu bikin sensasi PakπŸ˜€

  17. Molo halak Batak apalagi baoa, ndang hea mabiar manang tu aha petaho. Manang martandang pe taho.
    Alai molo iba tahe, tong do parbiar tu anak boru. hea do mangkatai iba dohot nahinalomon ni roha. ndang binoto manang mandok aha. Terpaksa ma mengandalkan dongan. Alai na paling mabiar iba, naeng mandok lomo niroha niba ma, oloma jolo habis 3 galas tes i baru pe asa olo iba mandok hataniba. Ndang binoto be irama jantung niba, ndang teratur be iba marhosa.

    achh tahe gabe marnostalgia ma iba.
    aaach.. tahe na marhallet on.

  18. Sottabi ate….dht au…hahaha
    au pe hea do mengalami songon nanialami nisi horas i..
    Songonon ceritana…..
    najolo heado huboan kedanku martandang tu jabu ni nanaeng hallettu(naeng2 dapot dope alai nga hea hu umma tanganna) ia dongn on ganteng do tong alai sai naroa do torus halletna. rencanakku huboan ibana martandang nanaeng pamer do tu ibana asa di boto nabagak hallettu. dung huboan ibana sahali
    gabe sai naeng dht torus..selidik punya selidik..ternyata diam2 sering ibana lao sahalak na..ujung na boa???
    Gabe halak i do marhallet,, au gabe gigit jari..alai hubege barita dung adong 2 taon Gabe tu halak jawa do itoan i muli. ipe tong na salah langkah,
    ngeri bah, hape aut sugari dang pamer2 au saut do ra itoan i gabe pardijabu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s