Apa Sih Ciri-Ciri Orang Batak?

Stttt….aku belum permisi sama yang punya tulisan… :D [permisi ya Mbak, diposting di sini, heuhehehe…]

Teman yang bercerita di bawah ini sudah pernah kuceritakan di sini

Pertanyaan ini menyeruak di kepalaku saat seorang teman menyatakan bahwa salah satu tindakanku menunjukkan aku orang Batak. Ceritanya siang tadi aku mengobrol intens dengan seorang teman melalui Y!M (hehehe ketahuan deh gak ada kerjaan), dari sekian panjang baris demi baris obrolan kami (ketahuan kan ada 2 orang yang gak ada kerja…), di salah satu line obrolan tiba-tiba dia menuliskan “Ih kelihatan kali Bataknya!” Aku agak kaget juga membaca tulisannya, karena saat itu kami sedang membicarakan salah satu tindakanku yang kurang bagus. Bahkan sebagai bukti pendukung teman ini memberikan link tentang seorang perempuan Batak yang melakukan tindakan yang agak berani (kalo mau tahu lebih jelas PM aja ya..).

Aku seringkali gak pede untuk mengidentifikasikan diri sebagai orang Batak, alasannya aku gak bisa, gak paham bahasa Batak, aku merasa gak punya kampung di tanah Batak soalnya lahir di Jakarta bahkan mulai dari nenekku dan nyokap udah lahir di Jakarta, di belakang namaku gak ada tempelan marga dan yang lebih parah lagi aku juga gak paham adat istiadat orang Batak. Keluargaku sedikitnya memang masih memegang tradisi Batak, tapi hanya sebatas panggilan saja seperti Opung, Uda, Nang uda, Tulang, Nang tulang, Bujing, Namboru.

Ada lagi cerita seorang teman yang cukup menarik,  dia merasa sudah terlalu lama di tanah Jawa, tidak menggunakan marga dan sudah kurang menjalankan adat istiadat Batak juga, tetapi dia selalu  dengan berani mengidentifikasikan diri sebagai orang Mandailing, bukan orang Batak. Duhh…, aku tambah bingung. Apa benar orang Mandailing bukan orang Batak?

Kalau dari hasil pengamatanku, perempuan Batak umumnya kuat dan pekerja keras. Aku merasa aku punya ciri-ciri ini. Kalau dari penampilan, orang seringkali gak percaya aku orang Batak karena katanya tampangku lebih cocok orang Indonesia Timur gitu. Please deh….rambutku gak keriting! Kalau katanya orang Batak pintar nyanyi, kayaknya aku jauh deh dari pintar nyanyi. Aku sebatas penikmat aja.

Coba kasih masukan, apa sih ciri-ciri orang Batak?

sumber: anakgajahimut

About these ads

72 thoughts on “Apa Sih Ciri-Ciri Orang Batak?

  1. kalau dari fisik, dari tampang, biasalah.. sudut-sudut keras di tulang alis dan tulang pipi, cukup menandakan “amuba”

    kalau dari prilaku, emang sih.. orang batak kaya’ singa (jadi ingat masih punya blog dengan judul serupa: Singa Masai). Yang jantan ngejagain keluarga, yang betina ngasih makan keluarga. Jadi jangan heran kalau ngelihat di kampung pemandangan seperti ini:
    perempuan kerja saban hari di sawah,
    pria ngebahas politik di warung kopi.
    (tidak bermaksud mendiskreditkan atau mengeneralisasi, lho).

  2. BATAK : banyak tak tik… Selalu mempunyai solusi solusi mantabb dalam menyelesaikan masalah… G gampang nyerah lah istilah lainnya..

    tp g tau dgn batak yg sekarng?? udah banyak kebarat2an kutengok… kek yg di manik itu..

    @Pardosa
    Akh, kalau kami bukan kebarat-baratan lagi Ry, tapi memang orang barat (par Hutabarat maksudnya, hehehehe….)

  3. Kesan mendalam terhadap orang batak. Suka kali martarombo alias bersilsilah. Dimana pun itu. Hehehhe

    Makanya tulang, nantulang, amangboru, namboru, amanguda, inanguda, ito, lae, eda, ompung, angkang, ampara, ampiri (apa ini?hehehe…), inangtua, amangtua, pariban, maen, paraman kita ada di mana-mana.

  4. orang Batak bangga dengan kebatakannya tp ga jarang banyak yg menyembunyikan kebatakannya.

    Orang Batak di metropolitan, banyak yg anti ngomong pake bahasa batak kalo ketemu dengan sesama Batak.

    Kebayang ga, teman sepermainan waktu kecil tiba tiba ngomong “Heii apa kabar lo?? gw kangen bgt loh”
    gubrakkss dot com dah..

    Padahal kalau mereka berbahasa Batak, pasti nggak bakalan dicopet kan, Von? (bah, kenapa? hehehe…cari tau sendiri lah…kalau dapat jawabannya kasih tau aku ya..)

    Yah, bilang lah sama temanmu itu Von, “Ai nggak kau ingat lagi tingki marampang-ampang kita di jolo ni jabu kami? :D

  5. gw heran, tiap “orang batak super” jadi topik, selalu aza bahasa jadi jadi sub topik. Patensan aza orang batak identik dengan bahasanya %*^*%#%$*&*….jd.. jangan salahkan orang diluar ngejek klw lo ngomong….menurut gw ciri orang batak itu gk harus bisa basa batak….coz dah bayak orang batak skrg gk bisa bahasa batak,mungkin karna lahir di planet lain ataw lahir di dunia uka-uka…tapi masih cantumin “MARGA”
    klw gw sih mendingan sebutciri org batak klw ibu2 kepesta always bawa kErEsek/plastik kecil.ukuran 15×19…..hehehe…tp yg jelas org yg gk tau tujuan plastik tadi ITU BUKAN orang Batak ….

  6. @syahnan
    ngapain nyalahin org luar yg ngejek bahasa ku?? g pernah tuh… Aku bangga2 aja tuh dengan logatku… Tuhan kasih begitu.. ya mo diapain??? malahan aku bangga ajah orang luar mau meniru2 kan logatku… ya walo menurut anda itu “ngejek”.. hihihi…

    “menurut gw ciri orang batak itu gk harus bisa basa batak”
    hmmph… klo generasi mudanya sudah tidak tahu bahasanya?? lalu siapa nanti yang meneruskannya ke generasi berikutnya??? hilang dong ntar bahasanya… dan bisa2 budayanya semua juga bakal punah toh… acem…. (ai cemananyaa.. )

    Klo soal plastik itu aku rasa bukan karna dia batak itu bah.. tapi emang karna pengetahuan dan pemikiran mereka ajah yang belom terlalu luas… dan itu bisa diterima karna pendidikan yang mereka terima juga g tinggi2 amat… yang ada juga tamat SMA udah hebat kali…

    hehehe.. itu sajo dari saya…

    Horas….

  7. Ciri2 orang Batak apa ya?
    Pekerja keras kali ya, banyak akal (bukan akal bulus loh), ga mau mengalah, keras, macam Naga Bonar kali yah……….

    Apa kata duniaaa??? :D

  8. Ciri2 orang Batak itu kujumpai disini

    @ nich
    jd maksudnya, orang Batak itu mukanya keras2 gitu..?? akhh..silap keknya lae ;)

    @pardosa
    Gak semuanya orang Batak itu banyak taktik
    ada juga yg banyak Ceritanya

    @Munthe Ivonne
    akhh kaupun satu panggil Tulang sama awak, tp ga tau drmn jalannya. keknya dah jadi Orang Batak di metropolitan juga kuliat.

    @syahnan

    menurut gw ciri orang batak itu gk harus bisa basa batak

    Mas…orang batak bukan seh..?? ;)

    @rotyyu
    Apakah mencopet juga termasuk kerja keras..?? ;)

    Kalau mencopet hati, ito? ;)

  9. Saya tdk mengatakan:Shalom/Salam/Hi, tetapi saya katakan:Horasss,

    Ttg Mandailing tdk mengaku identitas mereka spt.Batak. Saya pernah membaca di Internet sewaktu Perang Padri/Paderi.Memusnahkan Batak Mandailing sampai ratusan ribu Orang, karena mereka tdk mau mengikuti Agama Islam. Karena sebelum Islam masuk ke Ind. Nenek kita Batak sdh mempunyai Kepercayaan sendiri. Dengan demikian Mandailing itu sudah trauma, utk menyelamatkan diri harus berbohong dan sampai lari ke Malasia. Dengan demikian di dlm Sejarah Nasional itu masih banyak yg tdk kenyataan atau boleh dikatakan mentalitet Indonesi itu masih tertutup.

  10. HORAS<<<<<…..

    menurut gw ce? ciri2 orang batak tuh
    wajah na marsuhi suhi ato pun orang bilang petak toh.

    orang batak tuh gigih,namun karakter yg kuarang bagus.
    tapi mungkin anda cmua lom tau klo batak tuh apa.

    dicini gw menulis beberapa kepanjangan batak
    smua boleh pilih mn yg anda suka
    B;Banyak , Beserta . Bahasa
    A;akal , Allah , Adat
    T;tak , Tak , Tulisan
    A;akan , Akan , Agama
    K;kelaparan, Kekurangan , Kebudayaan DLL

    Sekilas buat orang Batak,,,
    hahhaahahahaha horas Bah ,,,,,

  11. Horas ma di hamu di sude na ro tu blog Riyanthi,
    Sangat menarik topik ini “Apa Sih Ciri-Ciri Orang Batak? “, karena memang banyak julukan / istilah tentang Orang Batak; all “ Batak berekor” , “ Bicaranya kasar “, “profil wajahnya keras “, “ berani mengemukakan pendapat”, “Batak makan orang“ ( kasus Djapikkir dan Raja Panggalamei), “ Suka ngumpul / pesta “, “ “Umumnya piawai menyanyi ”, dan lain-lain yang umumnya lebih banyak yang negatif. Padahal perlakuan seperti itu pelakunya adalah adalah “ oknum “ yang juga ada dilakukan oleh oknum dari suku bangsa yang lain ( Jawa, Sunda, Toraja, Madura, Bugis, Ambon dll ). Saya menganggapnya hanya semacam canda saja, misalnya pernah kawan bilang : “ Orang Batak makan orang” Saya membalasnya “ Lebih enak dari pada orang **** makan kutu “, yang lain ada yang bilang “Para ibu orang Batak suka membungkus makanan pesta “ Saya tanggapi “ Kamu lupa para ibu orang Batak tidak tega makan sendiri, dia akan selalu membawa oleh-oleh ( istilahnya tobus tangga ) untuk orang yang dirumah” .
    Jadi menurut saya hal-hal seperti itu tidak perlu dirisaukan, karena kita yakin bukan seperti itu. Kita akan lebih dihargai orang apabila kita konsisten bersikap selaras dengan identitas positip orang Batak.
    Menurut saya identitas positip Halak Hita adalah : Menghargai kekerabatan, antara lain “Manat mardongan tubu” ( Saling menghargai dalam menjalin tali persaudaraan ); Somba marhula-hula elek marboru ( Menghargai dan menghormati saudara tanpa dipengaruhi faktor “posisi” dan “statusnya” dalam keluarga ).
    Yang negatip menurut saya barangkali karena dominasi ulaon di adat yang cenderung semakin “ matre “ sehingga salah menerapkan “hamoraon, hagabeon, hasangapon” ( itu bukan falsafah hidup orang Batak, hanya syair lagu dari alm. Nahum Situmorang) sehingga kita cenderung menilai orang berdasarkan “apa isi kantongnya” bukan “apa isi kepalanya / otaknya “

    @ glorialimbong
    Sisi positip dari melestarikan tarombo ( data silsilah keluarga ) adalah pengarsipan dan updating data generasi keluarga guna memelihara kekerabatan dan pengetahuan sejarah asal usul keluarga. Hanya beberap gelintir suku – bangsa di dunia ini yang memelihara data generasinya.

    @ Pardosa
    komen lae “… klo generasi mudanya sudah tidak tahu bahasanya?? lalu siapa nanti yang meneruskannya ke generasi berikutnya??? hilang dong ntar bahasanya… dan bisa2 budayanya semua juga bakal punah toh… acem…. (ai cemananyaa.. “ Selama upacara adat Batak dijalankan masyarakat Batak di rantau, khususnya upacara perkawinan ( marhusip, patuahon hata, marhata sinamot , ulaon adat pangoli anak / pamuli boru dll ) yang umumnya diselenggarakan dalam bahasa Batak saya optimis bahasa Batak tidak akan punah.

    @ Munthe Ivonne
    Umumnya mereka yang berumur dibawah 30 tahun yang dibesarkan di rantau, sering mendengar komunikasi antar orangtuanya / keluarganya di rumah. Mereka mengerti arti bahasa Batak itu, cuma logatnya memang gak pas shg mereka malu berkata-kata. Seharusnya kita yang mengetahui dapat maklum dan menghargai usaha mereka; apa bedanya dengan pengalaman kita saat belajar bahasa Jawa dan Sunda pasti logatnya gak pas didengar.

    @ Sibondut Laban
    Janganlah kita mengeneralisasi bahwa orang dari daerah Mandailing tidak mengaku identitas ke Batakannya , banyak teman-teman saya yang mengaku orang Batak, buktinya mereka mencantumkan / menyebutkan marganya.
    Tentang Perang Paderi anda lupa tidak menyebutkan bahwa bangsa Batak itu mengalami seleksi 1 diantara 4 orang atau seleksi 25%, yaitu 50% meninggal karena perang dan sisanya 25% meninggal karena penyakit kolera ( begu antuk ) karena terjadi wabah kolera yang diakibatkan mayat manusia yang 50% itu tidak dikebumikan.

  12. Riyanthi, thanks udah quote!

    Tapi tetep aja, walaupun bokap-nyokap gue pakai marga di belakang nama, gue belom pede buat bener-bener bilang gue orang Batak. Perlu pencerahan dan belajar lebih dalam lagi.

    Jangan dipaksakan bu :D Mari ke sini, biar saya cerahkan, hehehehehe…

  13. Ciri-ciri boru Batak adalah, parsaurangan nunga sahira nama tua, kurang bisa ngurus diri ( ini versi lagu: boru Batak Vs Boru Jawa ), tapi yang paling khas dari Boru Batak adalah sekalipun dia lahir di California sampai Kalimalang dan Kalideres adalah “KARAKTER” yang keras bukan berarti keras kepala atau yang lain tapi keras untuk memperjuangkan keluarganya, itu dariku GAJAH IMUT !!!!. Btw boasa GAJAH IMUT gorni itoanon….sahira aha ma nuaeng ito on ate,,,he he he,,,

    ayo “ANAk GAJAH IMUT”, dijawab itu pertanyaannya ito eddy :D

  14. menurut gue bhs batak itu spt tagaloq n cowo g org batak, dan g tertarik dgn budaya batak coz g chinese :) jd mirip-miriplah org batak dan chinese dr segi adat, hormat kpd org tua. tp tp org batak msh agak kental dgn adatnya beda dgn org chinese yg sdh modren…dan g bangga dgn org batak yg otaknya smart, memang kalo aku liat org batak itu smart cthnya saja byk yg menjadi Pdt dan Pengacara :)…dan aq sendiri pengen bgt bs bahasa batak supaya aq ngerti dan jago dlm bahasa batak :), ql ad yg berminat tolong ajarin aq donk, pokoknya i like batak
    tq…gbu

    Salam kenal, di sini banyak orang yang bisa ngajarin kamu bahasa Batak, tinggal pilih aja :D

  15. amang-amangna di suru mambahen kopina… :)
    Agar hal ini dapat teratasi, ketik REG SPASI MAMA LOREN

    Amang na tidak sama dengan amang-amang na kan ito? :D

  16. ciri ciri halak hita:
    molo ahu mandok..ai tumagon do unang pakke hu..halak hita on

    papistar hu..pe songon na rittik
    paoto hu..pe sala songon na dodong2 on anon
    pauli hu..pe dang tarparade akka tintin na
    paroa hu..pe sala anon ndang tarboan tu pesta
    parbada hu..pe songon na porang
    parsip hu..pe sala songon na sombong ida on halak
    paburju hu..pe gabe na pandita
    pajukkat hu..pe sala gabe dipasiding akka dongan
    parlente hu..pe boi ma tahe..asa las roha ni simatua he eheh
    paolit hu..pe dang boi iba manganju
    pateal hu..pe songon na hera raja
    palembek hu..sala do gabe lomo2 ni halak tahe
    pajugul hu..pe songon na so boi diatur sala do i
    panengel hu..pe tong ndang boi gabe tukik on do i
    pamora hu..pe gabe lupa do tu tuhan
    partitel hu..pe sala gabe mate2 di titel ma anon tahe
    dll…

    gabe sian ahu na dumenggan do attong unang pakke hu..na biasa2 ma..
    horas..

  17. kebanyakan Comment yg di muat ini hanya menjelek – jelekan suku nya sendiri. memang benar apa yg ceritakan teman-teman, tapi janganlah terlalu over.
    kalau anda suku batak, angkatlah jempol anda untuk mengatakan bahwa suku batak itu adalah nomor satu. Anda suku batak tapi menjelek-jelekan suku batak berarti anda itu sama dengan tidak punya pikiran. Anda pasti punya famili, keluarga, bahkan ibu (oma) sama kriteria seperti comment tsb diatas, APAKAH ANDA TIDAK MALU. Kenapa anda suku batak dan kenapa anda kawin dengan suku batak atau kenapa anda punya anak suku batak.
    Padahal orang tua kita selalu menyarankan Nikah dengan suku batak (marboru tulang atau maranak ni namboru), alhasil anda mejelek-jelekannya.

  18. @ mazim GULTOM
    Itu yang disebut otokritik. Otokritik adalah salah satu bukti kebesaran jiwa dan kecerdasan seseorang. Otokritik tidak mengandung makna melecehkan atau menjelek-jelekkan sebab logikanya: siapakah yang pernah melecehkan dan atau menjelek-jelekkan diri sendiri? Ini pastilah sesuatu yang sangat ‘philosophical’

  19. Ciri-ciri orang Batak: Sulit menerima kritik. Sulit menerima perbedaan. Kalau ada pesta selalu mendahulukan makanan dari pada tata cara pelaksanaan pesta itu sendiri. Di pesta, selalu menyediakan plastik untuk membungkus makanan (baca saksang). Seorang pendeta marah ketika dia sudah satu setengah jam menunggu kedua mempelai yang akan diberkatinya tak kunjung tiba, katanya: “Orang Batak selalu menghabiskan hampir semua waktunya untuk mengurusi makanan”. Betul juga. Tadi pagi sebelum ke gereja ada acara sibuha-buhai. Di acara sibuha-buhai itu kami berpepatah petitih, mandok hata. Dari A sampai Z semua madok hata padahal yang disampaikan itu-itu saja. kalau tidak ada sibuha-buhai maka natorop akan mengatakan: Ndang tabo ate pesta nai, ngali-ngali. *Sibuha-buhai: Lomok-lomok di seat untuk serapan. Bah, tu gareja nunga malas ala nunga bosur jala mandedei hodokna alani siakni somok-lomok i. Sai maos ma tu WC. Molo adong namangkiritik asa unang sai songoni, di dokma: “Ah, so halak Batak be antong ho, kesatu itu kau”.

    kesatu itu kau = TU SADAAN MA HO :D

  20. Orang Batak, bicara bahasa Batak tapi tak mengerti tata bahasa Batak. Suka bicara adat dan melaksanakannya tapi tak mengerti alasan, makna atau tujuan adat itu sendiri. Mereka hanya ikut-ikutan dan selalu berkata membela diri: “Eme na masak digagat ursa, ima namasa ima ta ula”. Dari unpasa ini saja sudah terlihat janggal. Mana ada ursa di Tanah Batak? Umpasa atau umpama yang baik adalah umpasa atau umpama yang logis dan bila begitu maka hal itu akan mencerminkan kecerdasan. Kalaupun ada ursa di Batak ursa yang bagaimanakah yang mau manggagat eme namasak?

    “Ompunta naparjolo martungkothon salagundi, pinungkani parjolo ihuthononni naparpudi”. Kalau yang dipungka itu nggak cocok lagi pada jaman sekarang ini, apa terus ihuthonon? Kalau yang dipungka itu jelek, apa harus ikut juga?
    *kadang-kadang bilang salagundi, sialagundi (pakota-kotahon).
    Lihatlah rusaknya bahasa Batak ini. Pungka berobah jadi nungka (lihat kata ini dalam kalimat: pinungka ni parjolo…).

  21. Horas….
    Saya Batak campuran…bapak Batak Ibu German, lahir di Jakarta, pernah tinggal di Makassar, sekarang tinggal di Virginia,USA…saya tidak bisa berbahasa Batak…tapi saya sangat bangga mengaku orang Batak…hati kecil saya selalu orang Batak…saya sangat ingin belajar semua hal Batak…saya ingin punya isteri orang Batak…karena menurut saya Batak itu very special…
    Saya yang warga negara asing, tinggal di negara asing, bangga Batak dan adatnya…..saya tidak mengerti….ada orang yang 100% batak dan tinggal di Batak …..tidak bangga……why……?????!!!!

  22. @nirwan
    Horas jala gage. Aga kareba?
    Mungkin gabe adalah penggalan ‘pang-gabe-an’.
    Kita sama. Mungkin sayalah yang paling bangga jadi orang Batak sekaligus paling malu. Bangga karena banyak hal dan malu karena beberapa hal. Saya meninggalkan tanah Batak sejak umur 19 tahun, merantau terus berpindah-pindah termasuk ke manca negara. Saya sekarang bekerja di Bali. Jika ke Bali mampirlah ke tempat saya. Baca artikel saya di blogberita: Mengapa saya bangga jadi orang Batak

  23. Saya seorang gadis Batak tiga besaudara lahir di Jerman.Bapak dan Ibu juga Batak.Kami senang sebagai orang Batak.Biarpun tidak tahu Bahasa Batak kami tetap cinta sama tanah Batak.Kami semua tinggal diselatan Kota Frankfurt/M

  24. Horas Ito Brigitte,
    Saya salut dengan kamu biar nan jauh disana Budaya tetap ingat dan bangga jadi org Batak,
    Gimana nich, Ito Ryanti masih di Jakarta dekat dgn Toba hanya 3 jam perjalanan udah nggak ingat Budaya sendiri dan tdk bangga jadi org Batak.. Ciri – ciri org Batak adalah berjiwa sosial,ngomongnya keras tapi baik hati.
    salam kenal ya,,, buat Brigetti dan Ryanti… Banggalah jadi org Batak!!!!!!!!!!

  25. @binsar

    Dear Ito Binsar,

    Mungkin komennya diralat ya.
    Postingan ini adalah penuturan teman saya, tentang perasaan dan kebingungannya tentang ke-Batak-an nya, jadi BUKAN SAYA YA ITO. Kalau kebanggaan dengan Batak, jangan ditanya lagi, saya sangat bangga. So, jangan bilang saya TIDAK INGAT BUDAYA SENDIRI DAN TIDAK BANGGA ya ito. Saya bisa makan ito kalau sekali lagi ito bilang begitu, hehehehe…. (ciri2 orang Batak: ngomongnya keras).

  26. Ciri-ciri orang batak, sulit juga untuk menyatakanya. Menurutku mereka (termasuk saya), jugul dan tidak mau kalah saking pintarnya, parbada, bisa mengerjakan semua hal, termasuk bisa mencat langit!!! hehehe…
    ini pendapatku lo ito, sotung adong na tersinggung…

    • ito singal saya setuju dngan pandangan ito saya indian tnggal d malaysia berkawin dgan gadis(singa)batak ciri2nya ngam sekali tak mau kalah sampai langit pun dia nak lompat heheheheeee:=) tapi saya bangga punya istri orang batak (ada harga diri) dia sllu said she boru ni raja!!!!! horas

  27. horas

    sifat ni halak batak: naburju,teguh memegang prinsip,lambok,lambas maroha jala holong marnida soripada songon DALIHAN NA TOLU PAOPAT SIHAL-SIHAL

    horas

  28. Saat perayaan 17-an d i Wollongong-NSW, saya kenalan dengan orang Batak “Pak Silaen” yang nunjukin malah teman orang Malang (brarti ciri fisik tidak valid), habis kenalan langsung tanya marga, kampung (ini ciri juga kan), trus langsung pula awak di kenalkan dengan batak lain marga Sinaga Bahhh kaget aku, ternyata aku bisa ketemu uda disini, karena kami langsung martarombo dan hebatnya ketemu saya nomor 18 uda itu 17, dan tau nggak, kami bertiga dengan bangga selalu menceritakannya dengan semua orang yang nimbrung (bangga jadi orang batak) semua muji hebat kok bisa pula kalian bilang bersaudara, ya itulah hebatnya orang Batak ke ujung dunia pun bisa bertemu silsilahnya. Trus si uda ternyata orang yang cukup terkenal karena orangnya lucu, dan pintar main gitar dan lae Silaen itu paling terkenal lagi karena beliau lah termasuk pemersatu warga indo di sini (beliau dosen di UoW) dan pintar nyanyi, dari cerita ini ada beberapa kan ciri khas orang Batak, yang pasti kami langsung pake lah bahasa ibu-kami, puas sekali rasanya mengobati kerinduan. intinya I’m proud to be a Batak.

  29. @arnaldo

    hwwaaaaa…pak aldo mampir di sini :D

    Memang lah kalau orang Batak ya Pak, udah di ujung dunia pun, masih tetap juga bisa kenal dengan sesama Batak, bisa ketahuan karna gaya bicara juga misalnya pakai “awak” ;) orang-orang langsung kenal, wah orang Medan ini, orang Batak ya? hehehhe…iya kan Pak? Trus kebiasaan langsung martutur memang harus dipertahankan ya Pak.

    Thanks sudah mampir ya Pak. Kapan nih kita2 diajak jalan2 ke sana Pak? :D

  30. Ciri nya yg cowo :D..suka main Lenk,..As jobbut and Jokker warna :)..kalo ngga suka minum tuak dan miras..ato yg terakhir..suka cewe ROFL..ya pilih lah salah satu..ato salah 2..ke 3 nya juga bisa..jadi kombinasi nya lah..itu yg cowo yah..

    kalo yg cewe..mentel ga jelas…manja ngga jelas..ale ido..naikkon do sikkola akka ianakkon na fuang :) itu yg paling salut…the best and one of the kind..suami boleh lah tak makan..asal anak sekolah heh..

    ps:lagi browsing2 pic D.toba and ajibata nyampe pula ke sini yah..hmm nice blog ito.

  31. Yg jlas mnrut org batak itu pnyayang sprti alm bapk…mry ga begitu tw ap n bgaimn batak itu.krn mry g s4 kmpl ma bpak.cman mry yg mry tw org batak itu keras tpi pnyayang n ciri dasar dari org batak itu suka menolong n kumpul bersma kluarga…

  32. orang Batak suka martarombo,org batak pangasihroha,dan jenius”BANGGALAH JADI ORANG BATAK”unang lupa mulak tu bona pasongit da ito

  33. Horas,
    Ahu asli Batak tubu di Pahae, sikkola di Tarutung tetanggaan dengan ito Riyanthi dan merantau jadi kuli bangunan kemana-mana.
    Sekali Batak tetap Batak. Janganlah dicoba-coba jadi suku lain.

    Batak itu memang Batak

  34. Walaupun dari cara bicara orang batak tuh kayak kasar tapi semua orang batak tuh baik2…
    OLEH KARENA ITU
    banggalah menjadi orang batak…

  35. Ini mungkin bukan ciri-ciri, tapi saya pernah bertanya ke teman saya “Apa yang ada di pikiran anda ketika di sebut Batak”
    Jawab dia:
    1. Tegas, terkesan ngotot tapi logis
    2. Pekerja keras dan ulet
    3. Pengacara
    4. Terminal
    5. Catur
    6. Gitar
    7. Penyanyi Trio

    Boleh setuju boleh tidak ….

  36. menurut saya,Ciri2 orang Batak yang paling mendasar adalah tau martarombo(silsilah),bisa berbahasa batak walaupun margambo-gambo(bhs Ind=marpasir-pasir) bukan pada sifat dan watak karena itu adalah bawaan lahiriah dan suku-suku lainpun mempunyai itu.Tapi lebih kepada penempaan suatu doktrin dan budaya.
    Kenapa Orang Batak pekerja keras?karena kalau tdk begitu mau makan apa,itu kalau dikampung kan? sekarang kita lihat orang batak yang sudah lahir diperantauan yg rata2 sudah 180 derajat berbeda dgn di huta.
    Banyak orang Batak yang lahir diperantauan bahkan dimedanpun banyaknya yang tidak tahu tarombonya gak bisa bhs Batak pula.
    Jadi karena kita bangga jadi orang Batak sebagai orang tua pakailah bahasa batak dirumah karena bhs ind.itukan otomatis bisa.
    Bagi yg belum tau belajar terus perlihatkan ciri-cirimu seperti di atas.
    Memang Blognya ito Riyanthi selalu menggugah semangat kebatakan saya jadi muncul.
    Salut!……sangat menarik.Horas ito.

  37. wah bangga banget jadi orang batak…

    -anak(laki-laki/perempuan) bagi orang batak adalah segala-galanya,,, disekolahkan setinggi-tingginya…
    -orang batak selalu eksis di mana-mana!
    -Pintar2(pintar apa pun kek), pekerja keras,
    -Hobby berdendang ria

    Waw saluutttt!!!

  38. Horas ito,
    Molo ahu mandok ciri khas ni halak hita i,
    1. Boi martarobbo
    2. Malo Marhata batak
    3. Par kombur
    4. Parmitu / parende
    5. Pemikir termasuk ma i di mamikkiri Porkas,SDSB dohot sie jie manang toto gelap.
    Alai ito orang BATAK TETAPLAH JADI halak BATAK, tak pernah pindah ke lain hati
    Mauliate godang
    Horasma

  39. well, klo ngomongin ciri khas orang batak ya mereka mempunyai karakter yg kuat, cowok gw aja orang batak, dan tentu aja gw bukan orang batak, tapi ak jg bekerja dilingkungan orang batak ya mungkin mayoritaslah.
    ya mungkin ak yang terlalu lembut atau mereka yg wataknya keras ya..?? tapi jujur ak setiap hari sakit hati oleh perkataan mereka, selalu terbuka dan ga mau memikirkan perasaan orang lain!
    walaupun cowokku orang batak tapi dia bisa lembut kayak orang jawa ya mungkin darahnya dah campuran batak-jawa kali ye jadi dia gen-nya ikut mamanya.
    sebelumnya ak minta maaf bukannya ka jelek2in orang batak tapi ak dah punya paradigma yg buruk tentang orang batak dan sampai saat ini kebencianku dan rasa ga sukaku ma orang batak tumbuh menjadi besar!
    bayangin aja setiap orang batak yg ak jumpai pasti ga jauh beda sifat dan karakternya sama dg temen2 satu kerjaan. meraka egois, ga tau terima kasih, kasar, rakus makanan dan yg pasti RAJA TEGA ak juga heran kenpa ya meraka ga punya hati dan otak saat bersosialisasi dg orang?? udah tau di Indonesia ini banyak budaya ya harusnya mereka menghargai dan menghormati orang donk, jangan seenaknya aja mau menang sendiri selalu mengkambing hitamkan orang!!! sumpah seandainya aja ak udah ga cinta ma cowokku, gw mau koq putus ma dia lagia bigron dan kebiasaan keluarganya sama sekali ga cocok dg keluarga gw…uhhgggg….gw ga mau terjajah oleh kaum batak. seandainya cowok gw mau nikah ma gw dia harus ninggalin keluarga sembiring dan ikut gw di jawa!!! klo pun dia ga mau ya PUTUS jalan terbaik daripada berlarut2 dan jd ga kawin2 mendingan PUTUS sehingga dalam hidup gw ga ada orang2 yang ga punya hati kayak orang batak!! walaupun usia pacaran gw dah 3 th gw relain putus dijalan daripada ga sejalan

    perbedaan adat memang harus dipertimbangkan dalam pernikahan!!!!!!!!

    bagi kaum jawa jangan sekali2 berurusan sama orang batak klo ga mau lu sakit hati dan memperburk hari2 mu dg mimpi buruk!!!!!!!!!

    • buat sophi (udah putus blom yah sekarang sama cowoknya yang batak???kenalan dunkkk)
      hei sophi… ati2 jangan benci2 sm org batak tar jodohnya orang batak looohhh…asli biasanya klo kita benci sm sesuatu hal, Tuhan malah kasih kita hal tsb supaya kita bisa mencintai…
      Oya sophi…jangan salah yaaa…perpaduan batak jawa itu indah banget….contoh nyatanya akuuu…
      papaku batak tulen dan mamaku jogja tulen…dan aku cinta sekali sebagai orang batak sekaligus orang jogjaaa…bagiku tak ada yg lebih indah menjadi orang batak berdarah jogja…ato orang jogja berdarah batak …
      mungkin selama ini kmu ktm sm org batak yg salah…ato kmu tidak bisa belajar dr pengalaman..
      KAMI ORANG BATAK TIDAK PERNAH MENDESKREDITKAN ORANG SUKU LAIN… dan hidup berdampingan dengan orang batak dalam pernikahan sekalipun BUKAN MIMPI BURUK !!!

  40. HORAS..!!

    ciri utama orang batak jelas terlihat dari bahasa tentunya..
    ” bahasa batak ”
    punya sikap dan kepribadian..
    ” ideologi batak ”
    punya marga..
    ” marga batak ”

    dan
    yang pasti tidak malu ngakuin dirinya dengan orang lain sebagai..
    ” BANGSO BATAK ”

    ” yakin dan percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa “

  41. ciri-ciri batak toba kristen:

    1. kasih karunia
    2. setia
    3. tulus dari hati
    4. tidak kenal kompromi terhadap dosa
    5. pengendalian diri
    6. berdoa kepada yesus kristus
    7. bernyanyi dan bermazmur bagi yesus kristus
    8. sayang kepada orang tua
    9. tidak kenal menyerah untuk mengenal yesus kristus
    10. BERHATI LEMBUT

    amin

    maju terus anak-anak Allah
    salam kasih karunia buat teman-teman bangsa batak toba kristen

    PERCAYALAH!PERCAYA KEPADA YESUS

    butima
    PARNINGOTAN SI RAJA TURI

    HORAS…

  42. kalo menurutku org batak itu g smwnya baex.
    N kalo boleh crita,,,ak pernah punya mantan cow n tmen2 dari Batak..N menurutku ad beberapa yg kutemui mereka suka boong alias g jujur…..
    Tapi da yg buat ak salut…
    Coz mreka slalu punya keinginan kuat n teguh pendirian..
    Ak belajar banyak dr mreka…

    Iy sie….manusia emg punya kelemahan n kelebihan…

    thx.Jbu


    Hi Christy, salam kenal, terima kasih sudah berkunjung ya. Salam

  43. Orang Batak boleh dikatakan maju dalam pendidikan karena sejak zaman Belanda sudah berdiri sekolah-sekolah Belanda di Tapanuli Utara maupun Tapanuli Selatan.Sehingga budaya untuk menyekolahkan anak-anaknya sudah menjadi tradisi.Kalau dua orang Batak yang sudah lama tidak bertemu karena saling merantau,maka yang dibicarakan pertama sekali adalah.Dimana tinggal.Yang kedua adalah berapa orang anak.Yang ketiga dimana anak-anak sekolah.Bukan harta atau kebun yang luas yang ditanya.Hal ini sesuai dengan lagu,;Anakkokki do hamoraon di au<" (Anak adalah asset atau kekayaan).Jadi SDM orang Batak sudah ditempa sejak zaman Belanda dahulu.

  44. Pingback: 2010 in Review « rumah mimpi riyanthi

  45. Shaloom !! Horas..

    salam kenal semuanya ^_^
    aku baru tau ada blog ini tp lgs tertarik krn byk ceritanya yg lucu & menarik :)
    aku jg bukan org batak tp memiliki beberapa org batak yg asli super terbuka, khususnya dalam hal berpendapat, galaknya juga ga kalah super, tp di balik semuanya klo Qt mo kenal lebih dalam dgn mereka yg batak, kesetiaan & kemurahan hati mereka sangat luat biasa, & paling penting mereka sangat amat sayang dgn keluarga mereka.
    klo boleh saran utk SOPHI..coba dech utk bisa lbh positif thinking, pst sometime km bisa temuin sesuatu yg positif jg dlm diri pria/wanita batak.

  46. Tertarik mengomentari postingan yang dibuat sejak 18 Juli 2008 ini :

    Saya banyak bergaul dengan orang2 Batak. Sejak dulu kuliah di Jakarta sampai dengan sekarang bekerja di Yogyakarta berada di lingkungan komunitas orang Batak. Saya seorang Muslim dan teman2 saya Batak adalah Kristen. Well, perbedaan itu indah. I like it.
    Saya melihat perbedaan antara orang2 Batak yang lama di Jakarta dengan orang Batak yang baru datang dari leluhurnya sana. pasti beda tentunya hehehe….

    Orang Batak yang pernah kukenal disini:
    – Suka bicara terbuka tanpa ditutupi (sebagian orang Jawa kayak saya, akan gampang tersinggung… bukan kah ada hal2 yang tak perlu disampaikan krn gak penting? Bukan kah aib tak perlu dibagikan ke semua orang?)
    – Pantang menyerah dan pekerja keras (ini lah yg membuat mereka egois, kadang2 gak memikirkan apakah ada orang lain yang dirugikan?)
    – Religius (rajin beribadah, ikut kegiatan rutin di gereja, selalu menebar kebaikan dan kasih sayang dimana2) —> tapi sayangnya mereka masih pilih2, lebih mengutamakan RAS gitu… Bukan kah kasih sayang harus dibagikan ke setiap makhluk ciptaan-Nya?
    – Senang berdebat, beranalisa dan tidak mudah menerima kritik –> selalu pintar berargumentasi dengan penjelasan2 yang rumit dan terasa berat —> macam pengacara aja hehehe… Rata2 cerdas dan smart
    – Konsisten dan punya prinsip —> Hal ini yang membuat susah dipengaruhi orang lain
    – Melindungi keluarga
    – Suka makan dan tidak peduli dengan kesehatan —> Tidak pilih2 makanan, katanya berkat dari Tuhan ya harus dinikmati. Masalah kesehatan itu khan urusan antara manusia dengan Tuhan. Senang makan bersama2 dan berebutan hehehe… Sebagian orang Jawa msh membedakan makan bersama dgn siapa? bukan kah Raja tak boleh makan satu meja dengan abdi dalem kraton? hehehe…
    – Setia pada pasangan, hal ini terlihat jarang sekali melihat perceraian orang Batak. Berselingkuh silahkan, bercerai No hehehe….
    – Cuek, selama yang dilakukan baik menurut dia akan terus dilakukan tidak peduli urusan orang.
    – Suka berkelompok dan membentuk komunitas2 antar marga. (sering tidur bersama dan lain-lain, seperti tidak ada privacy apa2)
    – Senang bernyanyi, kadang2 sampai berteriak2 tidak peduli orang lain merasa terganggu apa tidak.

    Intinya saya senang bergaul dengan orang2 Batak dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kami berusaha menyesuaikan perbedaan2 itu.
    Ya, saya sebagai orang Jawa ya harus bisa menyesuaikan dimana saya berada termasuk di komunitas Batak ini tentunya. Banyak belajar Budaya, bahasa dan adat istiadatnya. Ada satu hal yang tidak boleh saya lakukan adalah mengikuti agamanya. Biarlah kita saling mempercayai agama kita masing2. Urusan agama adalah urusan pribadi kita dengan Allah.

    Ini pendapat pribadi saya, mohon maaf jika ada kata2 yang salah dan membuat orang tersinggung. Sekali lagi ini pendapat pribadi. Salam sukses….

  47. Umumnya marga-marga di
    Mandailing, kisah asal-usulnya
    tidak menunjukkan berasal dari
    Toba, seperti opini yang
    ditebarkan..
    Seperti lubis,nasution dll tidak garis kekerabatan keluarga dgn batak,, banyak artikel tentang ini

  48. LAPORAN KHUSUS SOSOK BERITA DAERAH SYIAR ADAT KONTAK
    Serambi | Editorial | Laporan Utama | Laporan Khusus | Sosok | Berita Daerah | Syiar | Adat | Kontak
    BERITA LAINNYA
    El Manik
    Darmin Nasution
    Amir Hamzah, Tengku
    (1911-1946)
    Tuanku Rao
    Sanusi Pane (1905-1968)
    Ratu Opera Batak dari Tiga
    Dolok boru batak Zulkaidah br
    Harahap
    Baharuddin Aritonang
    Chairuman Harahap
    Abdul Haris Nasution
    (1918-2000)
    H. Bismar Siregar
    Hj. Mufidah Jusuf Kalla
    DR Adnan Buyung Nasution
    Hidayat Nur Wahid
    Sosok
    Abdullah Harahap
    2010-12-08
    Karya
    kolaborasi
    Jakarta-
    New York-
    Yogyakarta
    yang
    menginterupsi
    gelombang
    buku-buku
    metropop,
    menawarkan horor sebagai
    perenungan.
    Sica Harum
    MUNGKIN Anda tak tahu Abdullah
    Harahap, pun tak merasa penting
    mengetahuinya atau tidak.
    Abdullah cuma menulis cerita horor
    picisan seputar balas dendam,
    pembunuhan, motif-motif cerita
    setan, dan arwah penasaranyang
    dibumbui seks pada era 70-80-an.
    Simak saja judul-judulnya, antara
    lain Penunggu Jenazah, Babi
    Ngepet, sampai Perawan Tumbal
    Setan.Selengkapnya..
    BERITA LAINNYA
    Danau Toba Harus Jadi Otorita
    Istana Maimoon Cermin
    Kematangan Tradisi Melayu
    Pesta Danau Toba 2010 Resmi
    Diluncurkan
    LEGENDA PUTRI ULAR dari
    SIMALUNGUN
    Legenda Putri Hijau
    Sosial Budaya Provinsi Sumatera
    Utara
    Toba, Teori Bencana dan Panorama
    Luar Biasa
    Cerpen Ada Cerita di Kedai Tuak
    Martohap
    Mangalehen dan Manabalkon
    Marga
    Marhusip (Budaya Muda- Mudi
    Yang Sudah Hilang)
    Industri Kerajinan Ulos yang
    Menjanjikan
    Mandailing Bukan Batak
    Istana Maimoon dan Masjid Al-
    Mashun
    Lambang Permusyawaratan,
    Persatupaduan dan
    Kegotongroyongan
    Pustaha Mandailing
    Adat
    Mandailing Bukan Batak
    2009-06-25
    Pada
    “Konvensyen
    Sejarah
    dan
    Budaya
    Negeri
    Perak
    Darul
    Ridzuan”
    di
    Dewan
    Jubli,
    Politeknik Ungku Omar, Ipoh,
    Perak, Malaysia, 29 september
    2001 lalu, sejarawan Malaysia
    Mohamed Azli Bin Mohamed Azizi
    mengatakan bahwa Mandailing
    bukan Batak.
    Dalam makalah bertajuk “Sejarah
    kedatangan orang- orang
    Mandailing ke semenanjung tanah
    Melayu”. Mohamed Azli Bin
    Mohamed Azizi mengatakan
    bahwa pendapat tersebut telah
    didukung oleh sarjana Belanda,
    Jerman dan Indonesia. Mereka
    adalah Prof. Dr. G.A. Wilken
    Hoogleeraar Van Het Rijks dari
    Universitas Leiden, Dr. Van Deur
    Tuk, dan Dr. Jughun. Pendapat
    mereka didukung pula oleh
    Abdullah Lubis, Mangaraja Ihutan,
    Dada Muraxa, Pangaduan Lubis,
    dan Arbain Lubis.
    Puncak kekeliruan mengenai
    “Mandailing bukan Batak” telah
    tercetus dari satu peristiwa pada
    tahun 1922 di Kayu Laut,
    Mandailing. Dalam peristiwa
    tersebut seorang kepala sekolah
    HIS bernama Todung Gunung Mulia
    yang bersekongkol dengan
    seorang kolonial tentara Belanda
    dari Sibolga untuk menguatkan
    orang Mandailing itu sebagai satu
    rumpun dengan orang Batak demi
    kepentingan agama dan politik
    serta pentadbiran (mengelola
    pemerintahan) bagi penjajah
    Belanda.
    Usaha Todung dan kolonial Belanda
    tersebut berhasil mendapatkan
    tanda tangan 14 orang kepala
    Kuria di Mandailing (yang dari
    mulanya dilantik sebagai kepala
    Kuria oleh pihak pentadbiran
    Belanda) diatas surat pengakuan
    bahwa Mandailing itu adalah
    sebagian dari daerah Batak.
    Pengakuan tersebut telah
    membawa arti bahwa tanah
    Mandailing tergolong dalam daerah
    tanah Batak dan dengan kemiripan
    budaya antara kedua etnik itu,
    maka mandailing dengan mudah
    dikategorikan sebagai yang berasal
    dari suku Batak.
    Dalam peristiwa ini, orang- orang
    batak yang beragama Kristen
    sangat disenangi oleh Belanda,
    sehingga tercetuslah hasrat
    mereka untuk menonjolkan etnik
    Batak sebagai ibu rumpun bagi
    kaum- kaum yang mempunyai
    persamaan dalam beberapa aspek
    budaya di Sumatra Utara yang
    meliputi daerah Tapanuli Selatan,
    yaitu Mandailing.
    Kenyataan ini juga seakan- akan
    menggambarkan missionaris
    Kristen telah berjaya
    mengkristenkan daerah Tapanuli
    lebih dari 60% penduduknya,
    padahal mereka gagal di Tapanuli
    Selatan dan Mandailing. Jika benar
    Mandailing itu Batak. Kenapa perlu
    ada satu pengakuan (1922) di
    Kayu Laut sebagai pengakuan
    Mandailing bagian dari rumpun
    Batak?
    Agenda terselubung
    Jelas sekali Todung, missionaris
    Kristen, dan kolonial Belanda dari
    Sibolga itu mempunyai agenda
    terselubung untuk menjadikan
    daerah mandailing sebagai daerah
    Batak sekaligus menjadikan
    Mandailing sebagai rumpun Batak
    yang kebanyakan telah menjadi
    Kristen.
    Peristiwa ini (yang merupakan
    satu penipuan kaum Batak dengan
    Belanda) telah ditentang habis-
    habisan oleh masyarakat
    Mandailing hingga kemuka
    pengadilan Mahkamah Tinggi di
    Folks Road, Batavia pada tahun
    1922. seorang ahli antropologi
    yang sangat disegani, H. Van
    Wageningen dari Holland, telah
    memberi ulasan di Mahkamah
    mengenai bantahan orang- orang
    Mandailing itu.
    Peristiwa penipuan Batak/ Belanda
    ini juga dikenal sebagai “Batak
    Maninggoring” dan telah berakhir
    dengan keputusan pengadilan di
    Folks Road yang menyatakan
    dengan jelas bahwa Mandailing
    asalnya bukan Batak dan bukan
    pula bagian dari daerah Batak, dan
    tidak pernah ditaklukan oleh orang
    Batak.
    Ada juga peristiwa yang
    menyangkal anggapan Mandailing
    itu Batak. Kisah tanah wakaf
    bangsa Mandailing di sungai mati.
    Medan yang memperlihatkan
    tuntutan Batak Islam untuk
    dikebumikan ditanah wakaf khusus
    untuk orang- orang Mandailing.
    Perkara ini telah dibawa ke
    pengadilan Mahkamah Syariah
    Islam dan juga Mahkamah Raad
    Van Justice di Medan.
    Keputusan kedua mahkamah itu
    menyatakan, orang- orang batak
    meskipun beragama Islam tidak
    boleh dikebumikan di tanah wakaf
    yang dikhususkan untuk orang-
    orang Mandailing karena mereka
    tetap bukan orang Mandailing.
    Orang batak yang telah Islam dan
    tinggal ditanah Mandailing juga
    tidak benar dikebumikan di tanah
    wakaf Sungai Mati di Medan karena
    meraka bukan orang Madailing*
    ABD.WAHID LUBIS.

  49. au 100 persen mudar batak….
    apala i pe mulak mangallang panggang B2 au.mantap..
    halak batak halak na berprinsip,malo malo,(nang pe sipata pamalo malohon)
    bekerja keras,terbuka(kalo memang tidak suka dengan sifat seseorang langsung diutarakan)
    keras dalam prinsip dan pembicaraan tapi lembut dalam hati (muka rambo,hati rinto)
    tar hira songoni ma…………
    bangga hian jadi halak batak……
    horas……

  50. mau tau karakter orang batak,baca dan telitilah karakter orang israel kuno dalam perjanjian lama. begitulah krakter orang batak. orang batak itu bermental raja,ingat seorang raja tdk mudah tunduk terhadap raja yg lain. orang batak itu cerdas,ligat,cerdik,tdk mudah dipengaruhi,bijak,brani,keras,tdk mudah tersinggung,pedas bicaranya,pandai hukum,berpikir logika,pandai bicara,cepat berbicara,tegas,tidak ragu2,percaya diri tinggi,tidak gengsian,tidak pemalu,penguasa,mendominasi,kuat suaranya,indah suaranya,pandai bernyanyi,pandai main gitar,pandai catur,fisik kuat,fisik besar,motif rangka wajah mirip motif rangka wajah orang eropa,manusia paling cerdas di indonesia yaitu SAE NABABAN ketua persekutuan greja2 sedunia mantan ephorus HKBP saingannya adalah BJ HABIBI salahsatu manusia tercerdas di indonesia,prinsip kuat,setia,terbuka,to the point,tdk suka basa basi,suka makanan yg asin,perantau ulung,mengerti silsilah,cinta budaya,cinta pendidikan,bersifat ingin tahunya tinggi,sekitar 10 tahun keatas lagi indonesia ini akan menjadi milik orang batak.. INTINYA BANGSO BATAK ADALAH BANGSO NATARPASU PASU DO I. bangsa batak adalah bangsa yang di berkati oleh Tuhan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s