Di Pinggiran Borobudur

Candi Borobudur, siapa yang tak kenal? Candi megah yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tempat wisata yang telah dikunjungi orang dari segala penjuru dunia.

Sebentar… kita tak akan membicarakan tentang kemegahannya, yang membuat orang sampai berdecak kagum. Itu semua sudah banyak dan sering dibahas. Tapi, mungkin ada satu yang sering terlewatkan…

Bahwa selain memberi keindahan bagi pengunjungnya, Candi Borobudur juga telah menjadi tempat menyambung hidup, bagi ratusan orang yang mengais rejeki di tempat candi ini berdiri. Orang-orang yang kadang hanya kita lihat sekilas, terkadang pun kita acuhkan. Para pedagang suvenir, penjaja makanan, petugas kebersihan, ibu-ibu yang menyewakan payung, dan masih banyak lagi… Lihat saja dalam foto-foto di bawah ini, orang-orang berjasa, orang-orang kecil yang membuat Candi Borobudur tetap hidup…

5 thoughts on “Di Pinggiran Borobudur

  1. foto2 yang keren kak…
    dan hal serupa juga bisa kita temui di kompleks candi Prambanan, bahkan hampir di semua tempat wisata di negeri ini, karena aku juga menemui pemandangan seperti ini di Pantai Sengigih Lombok NTB.
    Jika di Pantai Kuta pernah dikenal dengan “Cowboy In Paradise”, maka ditempat2 seperti ini dikenal seperti gambar2 di atas.
    Yang terpenting asalkan keramahan yang mereka tawarkan bukan keramahan semu yang hanya bermanis2, tetapi memang keramahan yang tulus sebagai perwujudan dari citra bangsa Indonesia.

    Horas kak Riyanthi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s