About

Kuingin menjalani hidupku… sepenuhnya

Membuka mataku untuk semua kemungkinan

Menempuh jalan yang belum pernah ditempuh dan bertemu wajah-wajah baru

Merasakah hal baru, menggapai bintang di langit

Aku berjanji untuk menemukan diriku

Berdiri tegak penuh percaya diri

Dan meraih semua mimpi

*Life is an adventure – Nutrilon Royal*

Pecinta fotografi dan musik, yang senang bercerita🙂

Silahkan berkunjung ke rumah fotoku di http://motretmotret.wordpress.com

dan kontak aku di: riyanthias@gmail.com

 

 

290 thoughts on “About

    • @Riyanthi Angrainy Sianturi
      horas ito aku nggak tau manggil apa sama ito tapi abang saya kawin sama marga boru sianturi. mau mampir sebentar bolekan?
      nama panggilan ito itu sebenarnya udah bagus tapi lebih bagus lagi kalau utk orang batak, adalah RIA dan panggilan melayunya RIANG nah tuk jawanya, R.A. Sianturi yaitu raden ajeng Sianturi cocok kan? hehehehehhhhh
      soriyah ito canda. semoga blog ito ini semakin meriah horas!

  1. @Agus Simatupang
    Salam kenal, ito.

    @ Gloria
    Hush…jadi ketauan kan🙂

    @ Robert Manurung
    Horas Tulang. Salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung ya, Tulang.

    [Jangan-jangan si Tulang nggak tau kenapa aku panggil dia Tulang, hi..hi..hi..]

  2. @pardosa31
    Salam kenal? Dasar si Harry borpas [boru pasaribu😀 ] ini, sok-sok nggak kenal lah lae ya…
    Gambar gelap-gelap gitu dibilang cantik, hi..hi.hii..
    Salam kenal juga lah par-pardosa…Tq ya

  3. Halo Ito,

    Salam kenal dari Poltak Octavianus Simanjuntak. Kalo kuperhatikan, ito suka fotografi ya. Hmm.. Aku bookmark dulu lah blog ito ya. Lain kali aku singgah lebih lama. Horas..

    Beres, kalau singgah bilang-bilang ya, supaya kita buatkan teh😀

  4. “Gambar gelap-gelap gitu dibilang cantik, hi..hi.hii..
    Salam kenal juga lah par-pardosa…Tq ya”

    ai lattarnya nya kubilang cantik.. bukan lae..😛

    Iya lae…kuperbaiki kata-katanya, “latak gelap-gelap gitu dibilang cantik, hi..hi..hii…”😀

  5. @Robert Manurung
    Benar sekali tulang. Boha kabar di san, tulang?

    @Gloria
    SALAHHH!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Ngarang kau…mamaku kan boru Simanungkalit, Gloria!!!!

    Mau ngasih yang benar, ternyata salah ya Glo, hi..hi..hi..

    Dasar pelupa…Kapan kau datang makan kue lagi?

  6. Wakkakakakkakakakaakkaa…. Sok tau jadi malu2in😀 (Peace Ito Robert😛 )
    Hihihihi.. iya yah.. sapa tahe nama nantulang Mi?
    Lupa aku😛

    kapan lah mi.. aku juga da pengen.. Bulan desember kirimlah antong ke JKT yah..

  7. Hai Riyanthi…

    Salam kenal dari saya par Sidikalang…🙂

    Terima kasih sudah mampir, senang berbisnis dengan Anda, ha..ha..ha..😉

  8. Salam dari kami partoba. Nanti kami kirim file lukisan Einstein.

    Makasih ya bang, akhirnya berkunjung ke sini🙂

  9. Mi.. nama kita ada miripnya.. Biasanya kan nama orang Rianti, tapi nama mami biar kerenan dikit adalah antong huruf “H” nya. Namaku pun gitu, biasanya Natalia, tapi supaya beda jadi “Nathalina”. Hahahaha.. Ortu kita emang kreatip ya mi😀

    Kurang kerjaan aja kau ini, nama pun dibahas…ha..ha..ha..

  10. Pingback: Rura Silindung Part 4 « To dream of the future, to reflect on the past

  11. Horas Ito…
    Salam kenal saya Nirwan Panggabean, senang sekali bisa lihat Fhoto Tarutung, soalnya saya sudah lama sekali rindu Tarutung asal saya (Bapak berasal dari sana)walau saya tidak lahir di sana.
    Ditambah terus ito fhotonya dari kampung kita ya….
    Ma’af mau tanya..Sianturi dengan Panggabean satu kelompok atau tidak ?! terus saya harus panggil apa ya…
    Terima kasih
    Nirwan Panggabean – Bahamas
    nirwanpang@yahoo.com

  12. @Rondang br Siallagan
    Salam kenal juga inangtua (manjou aha ma ahu ate?)
    Terima kasih sudah berkunjung ya…

    @Nirwan
    Kalau rindu, datanglah berkunjung ke sana. Ayo susun rencanamu untuk pulang ke Tarutung😀 Waha kalau Sianturi dengan Panggabean, aku masih kurang tau, tapi ya masih satu pomparan lah dari Siraja Batak, he..he..he..Manggil apa? Riyanthi lah, namaku kan Riyanthi😉

  13. Hallo Riyanthi….Mauliate. Mengenai partuturan…boi do di jou hamu Tante/manang Inanguda alana kakakku adong do tu Marga Simatupang Togatorop (sarumpun do ate kan) dan gellengna diatas umurmu dohot sebayamu. Di Medan halakki tinggal . Dan muse godang do keluarga nami sian turunan si Raja Lontung…baru dope huboto on. Songonni ma jolo..Horas.

    Manjou inangtua ma attong, ala na siangkangan do attong Togatorop, paduahon Sianturi, bungsu Siburian🙂 Didima ma halak inangtua i tinggal di Medan? Brarti sering do inangtua tu Medan ate?
    Horas ma di hita.

  14. O…Ido …Togatorop do si akangan. Di jalan Tangguk Bongkar VI/44,Mandala.Di tikki Jakarta do sering ahu mulak tu Medan/huta. Saonari bah…nunga 8 tahun ma dang dope mulak.. Masihol sipata. Situasi mambaen. Mambereng haduan ma…dohot hepeng…andigan mulak. Sehat2 ma disan ate…
    Horas.

    Bah, molo saonnari didia do inangtua?

  15. @ glorialimbong

    hehehehe…nggak apa-apalah ito, namanya juga nebak-nebak. Marga sianturi itu kan termasuk Silahisabungan. di mana salah satu anggotanya yaitu Tambunan adalah berenya Manurung sejak generasi pertama. Nah, karena Silahisabungan kompak, ikutlah mereka semua yang marhaha-maranggi martulang tu Manurung.

    Mudah-mudahan akurat.

    @ riyanthi

    kabar baiknya ito. biasalah dengan segala keadaan hidup di negara tercinta ini. Mauliate. Horas.

  16. Iban Robert…Silahisabungan tidak ada Sianturi …yang ada Situngkir…Mirip2 memang..
    Cek di marga2 Silahisabungan…

  17. @Inangtua Rondang
    Di Medan, inangtua.

    @Tulang Robert
    Iya, tulang, pas do na nidokni inangtua Rondang i, molo Sianturi dang masuk tu Silahi sabungan, alai tu Lontung->> Simatupang. Nanti dikabarin lagi kalau dah ketemu ya Tulang😉

    @Gloria
    Yah kau manggil mama lah ke mama-mu, ha..ha..ha..😉

  18. @ gloria limbong

    Kalau mama boru Tambunan, sedangkan dia manggil tulang sama aku, yah apa boleh buaat…

    Hehehe…kurasa maritola kita, karena lucu juga kalau ito harus martulang rorobot sama aku. Oke ?

    @ Riyanthi

    Nunga dapothu be Ito. Sedikit usaha ekstra + agak malu sikit. Ternyata Sianturi memang borunya Manurung sejak zaman baheula hehehe…Ba molo songoni jalang majo sahali nae bere, gomos baen hehehehe..

    Inilah gunanya kita ngeblog. Lumayan buat ngurangin kadar kegoblogan mengenai adat suku kita sendiri.

    Mauliate ito Rondang boru SIallagan dohot ito Riyanthi. Horas

  19. @Tulang Robert
    Terima kasih atas info dan kerja kerasnya, tulang. Molo mamberge hata tulang, tor ingot do iba tu sup…tulang sup na ninna i, ah tabo nai tahe, ha..ha..ha..
    Mauliate da tulang, sai horas ma di hita sude.

  20. he,hee
    penasaran gimana pelampiasan minat fotografinya, jadi main ke Kategori : Foto
    Itu masih pakai kamera pocket yang kemarin dibawa “ketemuan” IA-Del SUMBAGUT, yah? No retouch?

    ntar kalau mau upgrade kamera ngomong-ngomong yah, Ti🙂
    overall, oke juga niatnya, kembangkan terus minat itu, oolrite!

    Ha..ha..ha..bang nich penasarannn….
    Iya, masih kamera kacang-kacangan itu bang…
    Wah, bang nicholas ma beliin buatku??? Makasih ya bang, ntar aku kabarin😉
    Makasih sudah berkunjung ya bang.

  21. Ito, sudah bisa main kecapi ya. sudilah berbagi dengan pemuda gereja di Pearaja Tarutung.

    Jawabannya: Belummmm……….hahahahha…maaf ito, alai memang dang boi dope😀 Ai par Tarutung do halak ito?

  22. Hi…Ry, gimana kabar…terasa tidak goncangan gempa di Tarutung..? Gimana keadaan keluarga mu??..Aman2 kah??

    Baik inangtua. Iya, terasa gempanya di Tarutung, 5.5 SR. Syukurlah keluarga baik-baik saja di sana. Aman inangtuaaaa……😀 Di tempat inangtua terasanya gempanya? hehehehe…

  23. Yan, ternyata udah hebat ‘martutur’ yah sekarang..??

    lama g ketemu, ternyata banyak perubahan..

    udah ‘batak kali’ sekarang..

    Iya lah, aku kan orang Batak😉

  24. Horas ma Boru, tong-tong ma sai denggan borukku martutur, molo disukkun ho sian Marga Simatupang No. 17 ma molo Sian Sianturi No. 16 ma molo adong manungkun Sianturi Simangonding ma, molo Marga Tambunan Namarpariban do Simangonding- Siharinungan ima Br Manurung tu marga Tambunan da, ai molo ni suan bulu sibaen nalas, molo sinuan partuturan sibaen na horas ate

    Horas uda. Mauliate nunga dipatorang uda partuturanta.

  25. salam kenal…..horas…..(dasril_ngl@yahoo.com)

    Salam kenal Pak Dasril. Terima kasih sudah berkunjung🙂

  26. Ry, baca Lydia semakin cinta..di tanobatak..OK!
    Perhatikan nama saya, Mey, Lydia..

    Ha..ha..ha..yang dibahas jadi yang lain. Numpang gosip pula inangtua di tempat orang😀

  27. Ito Rondang sudah sampai disini ya bikin serangan.😀 Unang tangihon bere kompor ni ito Rondang i. Mey Pangaribuan sampai bingung dibuatnya. nanti anakku marah ito Rondang kalau terus dibahas upaya cari menantu. Lagi pula kan Suhunan Situmorang yang duluan, sama dia nggak berani ya😉

    Raja Huta kelihatan keseleo menata partutuon ya😀 Untung ada soripada huta dari Sidney meluruskan😀
    Riyanthy sepertinya tidak tau ya. Boru Manurung namanya Siharinuan kawin sama Sinaturi yang namanya sama Siharinuan. Betul nggak lae Raja Huta ? Ini pasti tidak diketahui ito Rondang😀

  28. @Tulang Monang (tanobatak)
    Inangtua Rondang ini memang tulang, sai na adong do, hehehe…panjang gitu dibahas😉 Alai lok ma tulang, asa lam rame hita😀

    Iya tulang, aku memang kurang tau. Jadi, nama istri dengan suaminya sama, gitu nya tulang?

  29. Bah..Ai molo tu Ito Suhunan…asing do permasalahanna ..alana ibanna naeng mangelek-ngelek do …adong do komentar hu disi…
    Molo Ito Monang asing muse..Boasa.. “dang dope marsitandaan nunga menyodorkan diri” Ido da puang…pasalna..
    Dan muse dang ahu mambaen bingung, hamu do..Ito. Nunga hubaen jawabanna 24 Mei..dang di tampilhon muna. Bingung ma ibanna..hahaha ..tahe..

    Hupaboa dison asa unang holan hami na dua mekkel asa ramai…dang manang ise…

    Hi..hi..hi..dasar inangtua😀 Jadi molo inangtua, andigan marparumaen?😉

  30. Bah…leleng dope mampaettehon waktu na alanna 12 tahun dope2 siangkangan , molo boi di pompa asa hatop balga….. songonna balon …hehe he….( usia nami na dua 45 tu 57 tahun). Molo di bereng gelleng2 dongan nunga balga (naposo)…sipata bah adong ni roha andigan do..gelleng2 kon naposo…asa muli…
    Hahaha…Ido da….
    Mekkel ahu tikki modom mangingot cerita nami i…
    Tardungo ma amanta…Boasa hamu mekkel? Mekkel?..Pura2 tidak tahu..hahahaha…

    Sabar sabar ma inangtua, unang sampe dibahen hamu songon Sitinurbaya angka adek2ki😀
    Bah, parengkel ni inangtua on, hehehe…

  31. Horas, to ito/namboru. Molo ahu par jakarta alai hutaku di Muara, molo ito/namboru boru sianturi dia, piga pembagian sianturi. Molo to marga Manurung hita martulang do sarupa dohot marga Tambun

    Horas ito. Molo hami Sianturi sian Muara, alai natorashu di Tarutung do tinggal. Molo Sianturi tolu do anak na: Simangonding, Lumban Gambiri, Simataniari. Tolong diralat kalau ada yang salah ya ito.

    Ninna udaku (Irwan Simatupang), dongan tubu kami ada di Desa Simatupang depan gereja HKBP Simatupang Muara yakni Oppu Jones Sianturi. Ai Sianturi nomor piga do itoku?

  32. Yant…..tolong kirim berita ke email uda, irwanluc@yahoo.co.id, kayaknya ada masalahnya, bila perlu Yanti aja yang buka dan perbaiki disini dengan sandi nama oppung dolimu ya.Dan tolong balas comment Partogi bahwa dongan tubu kami ada di Desa Simatupang depan gereja HKBP Simatupang Muara yakni Oppu Jones Sianturi.

    Oke uda.

  33. @ tanobatak

    Bah, gabe pajumpang i Tarutung hita ate Lae. Jala dipaungkap lae do gelar parhobas i hehehe…

    Mauliate ma nunga dipadimpos Lae angka narambalangani. Ai nunga sian najolo ni najolo, Lae, tung mansai holong do rohani Manurung tu angka boruna hehehe…

    @ Rondang br Siallagan

    Nga boa isi pariban ? Palu jo antong sahali turi-turian manang pollung sian Aussie i. Ai hea do iban mandulo angka tondongta, ima angka aborigin i ?

    @ Riyanthi

    Baen jo bere kabar sian Bonapasogit taringot lalo i.

  34. @ Tulang Robert Manurung
    Jadi nunga hira2 jelas di ahu/ hita sarita par-tulang-on ni Sianturi dohot Manurung ate tulang?😀

    Molo mengenai lalo i, 5.5 SR ma di Tarutung tulang. Pas ma tingki i adong partangiangan di jabunta. Ala ni lalo i gabe hatop-hatop ma mulak sude, jadi dang sanga be mambungkus lao boanon tu jabu na be, hehehe…
    Songon i ma carita na huboto tulang😉

  35. Yanthi…..Uda maafkan ya……jadi lupa ngucapkan Ultahmu pada tanggal 21 mei yang baru lalu…..rupanya kita dikodratkan sama-masa rasi Gemini. Okey ya nak….sehat-sehat selalu dan panjang umur dan selalu pupuk persaudaraan SMSnya dah Uda terima nanti via email uda aja ya………..Syaaaaaaaaalommmmm.

    😀

  36. Molo hutaku di nagatimbul simatupang, nomorhu 17 sian sianturi, sukun ma to udamu didia huta nagatimbul jonok do dilubang sibautae dekat gereja pentakosta, molo ahu pomparan sianturi simangonding siharinuan si nomor 4 yaitu Tuan Di Horbo Purbaraja pas do sianturi 3 (tolu). Opungku goar na Op. Jumonggur Sianturi molo di jakarta sukun aka pimpar sianturi simangonding ise ahu.

  37. Tolong minta emailnya Partogi Sianturi ya… karena beliau itu adiknya si Jauhari Sianturi atau abangnya si Jonar Sianturi anaknya Mendiang Jaulong Sianturi ( Ama Rusma ) karena rumah mereka yang kami tempati sekarang di Sibolga.

    togiroren@yahoo.com

  38. @Iban Robert Manurung

    Adong do tondong nami Aborigin (Isterini abang nami..), Hea do hami pajumpang 4 taon na salpu…Alai dang dope hea ahu tu jabu ni halakki..
    Tinggal di Northern Territory, Borroloola do halakki. Molo lao tusan songgonna tu Indonesia..Molo tu Indonesia 7 jam dan molo tu huta halakki 5 jam naik pesawat. Dang marmobil…da.

    Molo mar-sepeda, piga jom ma inangtua?😉

  39. wah ada ito ku yang punya bakat nulis.kirim ceritra dari bona pasogit dong.atau keindahan panorama.thanks.sahat simatupang,wartawan tempo sumetara utara.mobile 0819-824-181

    hehehe…makasih ito. nanti saya posting ceritanya (kalau ada, hihihihi…) salam kenal ito.

  40. hai thi, salam kenal dari aku ipul di jatim, aku mau minta tolong kamu ada lirik lagu bastak yang judulnya O pio, yang menyanyikan adalah victor hutabarat, kalau ada tolong ya kirim ke alamat mail aku, eh sekalian diterjemahkan ke bhs indonesia yaaaa, aku kan nggak ngerti bahasa batak, ok trimssss banget, salam hangat dari aku yang ada jatim buat keluarga kau yang ada di batak

    Salam kenal juga, ipul di Jatim. Kalau liriknya sudah ada, aku kabarin ntar. Salam kembali buat keluarga di Jatim ya.

  41. Horas Ito boru anturi, memang songon halak jawa do ito berengon. abbal ni hata didi ma ito di tarutung, manang anak ni sianturi polisi Lalu lintas hian do?

    Horas ito, ia dung pe songon halak jawa, alai tarida dope suhi-suhi ni bohi kan ito?😀 Molo hami di Jl. DR. TB. Simatupang (Hutabaginda) ma. O..dang boru ni oppung (manang amangtua, nga lupa ahu ito) ahu bah ito, boru ni sianturi par kehutanan do😀

  42. Salam kenal… aku boru sianturi juga. lahir dan tinggal di Medan. GBU

    Salam kenal. Boru Sianturi nomor berapa? (Asa lam tabo martutur😀 )

  43. Uli gambar muna i Ito, alai adong sukkun-sukkun hu tu Ito, boasa maila hamu mambahen tahun tubu di si Ito, manang na Taon XX do hamu tubu? he h eh e..

    Hahaha…asa penasaran angka itoan i daba ito, hahaha…

  44. lam kenal kak ri.. ku pinjem satu gambarnya yah u/ diblog ku..😀 makasih kak…

    Salam kenal juga (sstt…tak usah panggil kak, cem nya tua kali awak😀 )
    Silahkan dipinjam, nanti dibalikin lagi ya, heuhehehe…
    Terima kasih kembali.

  45. keren kali ito, gambar header itu… agak lambat aku menyadari, ternyata ada tulisan I HAVE A DREAM di batu itu…

    To dream of the future, to reflect on the past, and above all… reguklah hari ini!

    Dan sampai sekarang, hanya ito yang menyadarinya😀 Terima kasih ito, sampai sedetail itu pun bisa ito lihat. Mauliate

  46. Salam kenal dan bravo untuk Riyanthi. Sai lam tu suksesna jala lam tu godangna ma responder mu ate. Ahu sundut pa 14, jadi mar “OMPUNG” ma ito Riyanthi tu ahu ate! HORAS!!!

    Mauliate ompung, nunga ro tu blog hu on.

  47. Horas Pariban,

    Namangalap au Boru ni Raja i, sarupa marga mu. Jadi di pudi ni goarhu ditambai ma MBA (Mangalap Boru Anturi). Ha…ha…🙂

    Senang melihat blog mu. Saking senangnya, langsung saya add ke listing link web ku yang http://poltak.simanjuntak.or.id

    Horas

    Hahahahahaha….Patut ma di pudi goar ni kakak i dibahen M. Kes alias Mangalap KEkasih Simanjuntak. Maksa hian ate iban😀
    Aku juga sudah tambahkan blogroll pariban di sini. Aku bakalan sering berkunjung ke sana😀

  48. @anthbox
    Hei, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung. Akh, hanya blog sederhana, biasa lah anak muda [nggak nyambung]. Beres aku langsung mampir kok tadi. Tapi tak disuguhin kopi, jadi aku langsung balik lagi, heuheheuu…:D

  49. Hallo…Ry, lama saya nggak beri komentar…tapi saya sering baca…
    Kamu sehat2 saja kan di Medan?…
    Maklum ya…kalau saya tidak beri komentar…
    Sesekali saya…say hello pada mu…(seperti ini…tanya kabar)..OK!

    Akhir2 ini saya tidak sehat …dibilang sakit —tidak sakit…Kalau saya cerita kamu tentu tidak mengerti…Sekarang saya ada dalam pengobatan.. (Tidak perlu semua orang tahu tentang hal ini)…OK!

  50. Adong na tingggal dang dope hujawab…Molo mar sepeda tu huta ni halakki (Northern Teritory)… Mungkin tiga bulanlah baru sampai ataupun lebih…Jangan dicoba ntar malah jadi tinggal tulang..

  51. @inangtua rondang
    Horas inangtua, lama tak terdengar kabarnya. Semoga keadaaanya semakin baik di sana ya.

    Hahahahaha…molo marsepeda 3 bulan, molo mardalan pat songon dia muse ma ate😀

  52. Ito,,,mauliate da, nunga hubereng poto ni tarutung, SMA, HKI Siwaluompu, Tangga ni HKBP, botul da ba, manetek ilukku mamereng sude, nang pe seram bohi on alai roha Obbie Mesakh do, dang boi daba ni lupahon kenangan i sude, ai disi posok niba di tanom umakku. Alai mauliate ma sombu sihol.

  53. Horas Ito,

    Salam kenal ya.. My lovely mother is boru Sianturi juga..

    Peace..

    Horas juga ito.
    Marparhuaon ma hita ate? Nomor piga ma namboru i (panggilan sementara😀 )?
    Terima kasih sudah berkunjung.

  54. Horas ito
    Las roha ketemu angka par Tarutung bah.
    Sai horas-horas ma hita sude.
    Salam dari Den Haag

    Salam kenal ito. Terima kasih sudah berkunjung.

  55. horas nabolon..
    salam tanda sian ahu parsipoholon sirongit tu hamu dihamu amang raja dohot inang soripada,
    munkin adong dora dongan kecil di son ate! mauliate.

    horas..horas..horas..
    salam kenal
    terima kasih sudah berkunjunga

  56. horas,salam kenal
    adong do parsipoholon dison ahu partarutung sipoholon sirongit ,naeng marsihol-sihol do nian,alana nga leleng naso mulak sian banjarmasin nabalau on,horasma.

  57. horas

    HOLONG DO ROHA LAO MULAK TU MUARA NAULI I
    SAI TUNG LAMBAS JALA LAMBOK NIAN DO AKKA PANGISI NAI
    Ahu Johan Sianturi pomparan ke 16 dari Raja Turi ima namaranakkon Ompu Raja Harinuan-Br Manurung ima sian pomparan Ompu Simangonding pomparan Ompu Soaginjangon pomparan Ompu Raja Pandua ima na marhuta sian Lumban Simatupang Muara

    Gabe manjou ito do ahu tu hamu ito..
    Salut dan bangga buat ito maju terus boru Sianturi!!

    Salam kenal tu akka tulang Manurung muse tu akka dongan tubu Sianturi..dohot akka dongan na di blog on sai las do roha mambege barita on
    horas…

  58. @johan sianturi
    Horas ito. On ma tarombo nami:
    Sianturi –> Simangonding –> Siharinuan –> Tuan Ni Horbo –> Ompu Raja Nauli –> Raja Monang Ni Tahi –> Guru Sojanggaon –> Omp. Humopol –> Oppu Raja Inar –> Oppu Sahata –> Hinsu –> Thomas –> Markus –> Bistok –> Nolan –> Riyanthi

  59. Horas ito .

    perkenankan , saya asal dari parlilitan, tepatnya baringin pusuk, tepatnya lagi persis di kaki dolok pinapan, godang di pidong si torngakngak disi, adong muse pidong piccala, pidong radde, adong sayur bulung rittua, dohot dekke haporas.
    molo simanogotn nai, tung nangali do di huta nami, marbulusan amak do modom di si,

    achhh tahe…gabe masihol iba

    Horas
    Par Batam

    Godang nai pidong di si ate ito. Ai memang ngali hian ninna di Parlilitan ate ito?😀

    horas

  60. Nantoari da ba ito, marbadai ahu di Royal Dry Cleaning Servis. Hu pasussihon salawarhu. Hu alapma, hu bereng, dogo inang magopu. Muruk situtu ahu. Sip do itoan namanjagai. Ro ma itoan i jenek tu ahu, di dadap ibana ma bohingku, aduh…lambokni tanganna i, pintor sip do ahu ndang huboto marroha. Pintor mulak ma ahu. Alai dung di duru ni kios nai, masuk ma ahu muse hudok ma tu itoan i: “dadap jo sahali nari bohingkon asa sonang ahu modom bodarion”. Ndang olo itoan i da ba, sogo rohangku. Naeng hu ulakhon muruk muse dengan harapan asa didadap ibana bohingku apala sahali nari alai ndang jadi ahu muruk. Eh tahe….

    Gubraks😀

  61. Hey Yanthi, dikau si yanti yang anak SMP 2 yang tomboy itu khan? Ini diriku, si mei yang item, yang dulu suka naggetz sama the moffat itu loh…

    😀

  62. to all Batak

    Saya makan ikan bakar kemarin.

    Temukan keanehan bahasa Batak dengan menterjemahkan kalimat sederhana ini ke dalam bahasa Batak.

  63. Bener khan…………………?Sudah kuduga itu pasti dirimu Yan…………
    Alamat emailmu apaan neng?
    Btw, boha kabarnya Yan?
    Kapan Kawien nie,,,?He..he…
    Kangen ga berantem sama dirikyu..?😉

  64. Horas ma di pinaribothu si Riyanthi !

    Santabi di pinaribothu adong na ringkot sipatangkasonhu saotik, ndang alani ompungta siharinuan boru umbahen na manjou tulang hita tu marga Manurung. Alani ompungta Raja Turi do, ima na mangalap siboru Anian Na Uli. Ia cmpungta siboru Anian Na Uli i ma boru ni Raja Manurung sipaidua.

    Sada do pinaribot ni Raja Manurung ima siboru Nailing na muli to Tuan Silahi Sabungan. Horas!

  65. @riyanthi.
    Ito yang baik, “bakar” atau bakar bukan hata Batak.
    Tapi: 1. Ahu mangallang dekke “bakar” nantoari.
    2. Mangallang dekke “bakar” ahu nantoari.
    Kalimat 1. nampak aneh. Anehnya di mana? Orang Batak tak pernah mendahulukan subjek dalam kalimat-kalimatnya. Orang Batak selalu mendahulukan kata kerja atau kata keterangan tempat atau kata keterangan waktu dalam kalimat-kalimatnya. Kalimat 2. benar bila “bakar” diganti dengan hata Batak. Dan saya menunggu ini kemudian saya akan memberi pendapat apakah masih aneh atau tidak. Dan jangan lupa, bukan dekke tapi dengke.

  66. @Dian Sidauruk (yang katanya laki-laki, hahaha…)

    Btw, banyak yang menyangka ito perempuan ya? makanya sampe ditambah keterangan (laki-laki) di belakang nama?😀

    Mangallang dengke na tinutung ahu nantoari

    udah benarnya ini ito?😀

  67. @riyanthi
    Inilah anehnya bahasa Batak. Tutung berubah menjadi nutung. (ti-nutung). Sampai sekarang saya belum menemukan morfofonemik bahasa Batak. Orang Batak dan bahasa Batak telah terlalu sering merusak dan dirusak, misalnya nahinormatan (na-hi-normat-an), hormat berubah menjadi normat. Napinarsangapan (na-pi-nar-sangap-an), lihat narsangap dan masih banyak lagi. Gejala apa ini? Saya membaca tulisan (dalam bahsa Batak) seorang DR. budaya Batak tamatan Belanda. Sang DR. ini dulunya seorang wartawan senior di Koran ternama di Indonesia. Membaca tulisan itu saya sangat bingung. Kalau kita mengerti ‘na-ni-par-sangap-an’ mengapa kita harus merusaknya menjadi ‘na-pi-nar-sangap-an’? Kalaupun perubahan ini terjadi, alasannya apa? Awalan ‘par’ berubah menjadi ‘nar’. Ada lagi yang amat aneh: Nunga hu jalo hami. Hu = Ku. Hami = Kami. Bila kalimat itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka menjadi: Sudah kuterima kami. Setiap kali saya mampir di suatu daerah (bekerja) saya selalu membicarakan bahasa dan adat Batak tetapi tak satupun orang Batak yang pernah saya ajak bicara itu tertarik membahas macam begini. Batak apakah kita?🙂

  68. toek lae dian

    saya sangat setuju dengan pendapat lae tentang banyaknya penggunaan bahasa batak yang tidak tepat. tetapi menurut saya sah – sah saja, yang penting masih mau menggunakan bahasa tersebut dimana pun kita berada.
    mengenai arti ( terjemahan ke bahasa indonesia ), itulah salah satu bentuk keunikan bahasa batak yang memang tidak bisa diterjemahkan kata demi kata. ( ingat DM dan MD )

    nunga hu jalo hami ( penulisan yang tepat menurut saya : NUNGNGA HU(DI)JALO HAMI ( TELAH KAMI TERIMA ) dan memang kalau kata demi kata dieja atau dipisahkan dan diterjemahkan akan merubah artinya.
    pemakaian kata HU didepan JALO adalah kebiasan menghormati, sopan kepada lawan bicara

    tutung ( kata sifat ) natinutung ( kata benda )

    tapi lae, saya sangat salut sama orang sunda di jawa barat yang masih tetap mengunakan bahasanya sehari hari dan memang ada juga penyimpangan yang mereka lakukan sama seperti penggunaan bahasa halak hita. kita jangan takut menggunakan bahasa kita sendiri biarpun salah dikit yang penting nyambung

    salut buat lae yang sangat peduli dengan bahasa batak

    saya bangga menjadi orang batak

    horas & salam.
    dari bandung

  69. @maju_siagian.
    Tutung: kata kerja.
    Nanitutung, nanitutungan: kata benda.
    Kalau kita mengerti ‘nanitutung’, mengapa harus menggantinya dengan ‘natinutung’? Adakah morfologi tentang ini? Kalau tidak ada lalu ini ciptaan siapa? Mungkin ada tetapi saya belum menemukannya. Saya lagi mencarinya. Adakah yang dapat menolong?

    Nunga HUJALO HAMI. Adakah bedanya dengan: Nunga HUJALO? Atau bila kita bermaksud menjelaskan bahwa sipenerima adalah jamak, maka adakah arti lain dari NUNGA DIJALO HAMI kecuali SUDAH KAMI TERIMA? Atau mungkin jauh lebih cerdas bila kita megatakan NUNGA HAMI JALO, tetapi maslahnya, kalimat terakhir ini tidak lajim digunakan oleh orang Batak walau itu yang benar. Banyak orang Batak mengeluh tentang bahasa Batak (yang rusak) tetapi tak pernah menolak bahasa Batak yang rusak itu.

    DM dan MD tidak menjelaskan kata berimbuhan dan atau menjelaskan kalimat tetapi menjelaskan kata majemuk, misalnya pulpen merah (DM) menjadi red pen (MD).

    Mari kita bahas bahasa Batak.
    Ayo, siapa ingin bergabung?

  70. @maju_siagian
    Sebelum saya lupa:
    Adakah awalan DI yang dihubungkan dengan kata kerja di dalam bahasa Batak? Ataukah DI ini berubah dari awalan I? Contoh: Iallang – DIallang ? Ionsop – DIonsop? Iharat – DIharat? Igariang -DIgariang?

    Ayo, mari kita bicarakan bahasa Batak!

  71. hallo , masih sibuk ya, okelah,

    paket nya aman kok,

    mantap kali wordpress nya, all about tarutung, kampung halaman Bos juga disitu,

    go batak go, hahahha

    tarutung ist so suess,

  72. bah,,,Ito Riyanthi sian dia dapot mu ikkan si sulimon,,,na dapot mu do on sian aek ristop? manang sioan Aek Godang jala aha di pakke ho lahoi manakkup on.

    Sian Tao TOba ito, tingki di Parapat do i😉

  73. RUMAH MAKAN/WARMED DAN KAOS KAKI
    (Cerita Buat Ito Rianthy)
    Saya sangat senang pulang kampung baik ke Medan atau Samosir. Di Sumatera Utara umumnya makanan sangat enak dan sangat khas. Sangsang, Panggang, Na Niura, Mi Sornop, Na Tinombur sperti artikel ini dan lain-lain sangat menggugah selera untuk makan apabila dicampur dengan ANDALIMAN. Tapi sangat disayangkan, kalau minum teh manis atau ngopi. Saringan teh manis tersebut yang digunakan adalah KAOS KAKI/STOKING. Tiba-tiba selera makan saya jadi menurun begitu melihat saat membuat teh manis untuk minumannya. Artinya, cobalah dirubah sistem ini, karena pengunjung rumah makan dan atau warung kopi tersebut bukan hanya penduduk lokal. Bisa saja seperti saya yang dari Jakarta, dan teman-teman yang bukan Kristiani, pasti sudah ada kesan yang kurang surprise. Mudah-mudahan kedepan tidak ditemui lagi KAOS KAKI UNTUK SARINGAN TEH MANIS ATAU KOPI. Mauliate, 08121926185, Jakarta.

    Masa’ sih ito, pake kaos kaki? Bah tahee….
    Terima kasih infonya ito.
    Terima kasih juga sudah berkunjung.
    Horas

  74. hai ito…….sianturi disan sianturi tong dison

    Horas ito, senang bisa kenal dengan ito-ito Sianturi, makin hari makin banyak ito awak😀

  75. Horas ito. marga sianturi siqn kaltim. asal Sidikalang. No.15. sianturi simangonding. berarti saya panggil boru kan??? salut buat boru.

    Horas amanguda, saya Sianturi No. 16, Sianturi dari Muara, tapi ompung sudah mangaranto ke Tarutung sejak dulu.

  76. @riyanthi, zhunan dan Jintar:
    Kalian sama-sama sian Turi.
    Bah, banyak kali kalian sian i.
    Mungkin yang lain sian Turi-turian?🙂

    Gimana dengan Sidauruk ito?😉

  77. Horas bah, ito boru anturi, partarutung do hamu khan, anggo hami daba parbali do ge, ima jo ate lam ken,…

    Horas ito, pas bah par Tarutung do hami. Boha kabar di Bali-ge ito?😀

  78. hehehh profilnya riyanti ga lengkap nih
    siapa tau kenal dengan riyanti tapi kyanya kenal deh dengan riyanti pasti lulusan SMP 2 tarutung bukan??

    ah, mungkin bang Bobby gak kenal😀 aku dulunya ibu MP di pelajaran Bahasa Indonesia😉

  79. @Jintar
    Horas lae,
    Horas tondi madingin, pir tondi matogu. (Selamat Arwah dingin, keras arwah kuat).

    Andorang so masuk PKB (baca program KB) tu pikiranni angka manisia i nunga tibu KB i sobok tu rohani marga Sidauruk, lapatanna, nunga sian najolo hami mar KB lae, jadi otik do hami alai hebat. Buktina? Orang masih mikir KB kami sudah jauh mengangksa…..hahahahah🙂

  80. Horas ma di sude pomparan ni da ompung Raja Turi !

    Horas di among hu Jintar SianRajaTuri na di kaltim, ampara Zhunan dohot disasude angka da hahang, anggi, pinaribot hu marga/boru Sian(raja)Turi.

    Horas lae Dian !
    Molo hami marga sianturi torop do lae, tarlumobi hami sianturi RAJA HARINUAN (RAJA LEBAH) ha..ha..ha. Songon jou-jou/goar ni ompung nami i torop nami na adong di luat portibi on. Santabi lae sotung mangiburu lae hu.

    Lae molo tarsingot tu hata ” NA PIR” dohot ”NI PAR” na ni permasalahon lae i adong di buku parsiajaran batak. Di sastra batak adong do awalan, akhiran dohot sisipan. Ndang boi dison hupatorang lae. Molo naeng parsiajaran ni halak lae lulu i hamu ma di buku parsiajaran batak najolo. Molo ahu magodang di toba do lae, tingki SD dohot SMP diparsiajari doi molo di Taput.

    Horas ito Riyanti, adong do anggi hu baru diwisuda
    sian PI DEL na bulan sia i. Adong do tolu halak marga sianturi junior ni ito na di wisuda i. Au magodang di Balige do ito, molo na saangkatan hu
    adong do dosen ni Pi Del i ma si Ramot Lubis.

    Songon i ma jolo tabi dohot jalang sian au.

    HORAS !

    unga karejo be 3 ito-ku na baru wisuda sian Del bulan September na salpu i. Si Franciscus di Batam, si Dedy di Jakarta, si Andry di Medan. Na dia ma anggi ni ito?

  81. @Jhonny
    mungkin buku nanidokni lae i holan buku bacaan do ra, ndang buku na mangajarhon morfem dohot morfologi.

    Awalan, akhiran dan sisipan di bahasa Batak tidak jelas aturannya sedangkan awalan, akhiran dan sisipan di dalam bahasa Indonesia sangat jelas.

    Contoh:
    *Dungi halongonan ma tano nanitompaNa i (na-ni-tompa: tompa, utuh sebagai kata dasar)

    *Dungi halongonan ma tano natinompaNa i (na-ti-nompa: tompa berubah jadi nompa).🙂

  82. @Dian
    Horas lae !

    Molo naeng marsiajar struktur bahasa batak ingkon jumolo do mamboto manggurathon aksara batak. I do parmulaan molo marsiajar hata batak, dohot ma di si cara-cara mamangke pangolat, tanda baca dohot angka na deba nari. Au pe lae sahat disaonari marsiajar do pe, ala na tung godang do ragam ni bahasa batak. Struktur dohot penggunaan bahasa batak ndang dos tu bahasa indonesia, ingkon mangihuthon cara ni panggurathon(penulisan) aksara batak.
    Jaha lae ma angka Pustaha Lak-lak sian i annon jumpang sian dia dalan ro cara-cara pemakaiaan dohot penggunaan awalan, akhiran, sisipan, morfologi dohot struktur ni hata batak.

    Bahasa batak i lae begitu kaya dohot maol situtu do antusan lapatanna.
    Isarana(contohna):’ PINARHAHANG ‘ lapatanna orang yang dianggap HAHANG (abang), Alai molo ‘ PARHAHANG ‘ lapantanna HAHANG(abang) dari seseorang. Alani lae gabe marimbar do lapatanna, godang nai dope isarana songon PINARIBOTO\PINARIBOT lapatanna seseorang yang kita anggap sebagai IBOTO, alai molo PARIBOTO lapatanna nampunasa IBOTO.

    Pemakaian hata batak mamereng situasina do lae, songon hata HAHANG gabe dipajempek doi molo mandokhon HAHA DOLI / HAHA BORU.

    Songoni majolo na boi hupatangkas(hupatorang) tu hamu lae.
    Molo adong na hurang lobi jumolo marsantabi.

    MAULIATE GODANG HUPASAHAT TU HAMU LAE DIAN AI DIHARINGKOTHON HAMU MAMPARSIAJARI BAHASA BATAK, ALANA SO PIGA BE HALAK BATAK NA MANGALEAN TINGGKINA MAMPARSIAJARI ” Sahala ni Habatahon ” (Ilmu Budaya Batak).

    Asa songon tona ni ompungta sijolo-jolo tubu ma:

    OMPUNTA SIJOLO-JOLO TUBU
    MARTUNGKUT SIALAGUNDI
    NAUNG PINUNGKA NI ANGKA NA PARJOLO
    IHUTHONON NI HITA NA PARPUDI

    Tauduti pe lae muse molo dilean Tuhanta Debata di hita tingki dohot inganan nauli/nadenggan.
    Asa songon umpasa na mandok :

    PAUK-PAUK MA HUDALI
    PAGO-PAGO MATARUGI
    ANGKA NA TADING TAULAHI
    ANGKA NA SEGA PAULI

    Songon i majolo sian au lae.

    HORAS TONDI MADINGIN
    PIR TONDI MATOGU

    Horas!

  83. @ Jhonny
    -NIPARHAHANG (NI-PAR-HAHANG). Antara morfem NI-PAR, utuh (tanpa perubahan)

    – PINARHAHANG (PI-NAR-HAHANG). Antara morfem NI-PAR tidak utuh, telah berubah menjadi PI-NAR.

    Yang saya bingungkan adalah: Mengapa perpaduan antar morfem NI dan PAR menciptakan sesuatu yang tidak utuh/rusak?

    -Dimanakah letak perbedaan antara NI-PAR-HAHANG dan PI-NAR-HAHANG?

    – Bila kedua rangkaian kata-kata tersebut tidak berbeda, mengapa harus dirusak?

    -Apakah ada pengaruh tanda pangolat terhadap struktur rangkaian kata-kata di atas?

  84. @agus

    aku baru tau arti namaku setelah dikasih tau ini.

    makasih ya infonya, ternyata bagus😀

    terima kasih sudah berkunjung

  85. Ito, saya terkesan dengan karya foto ito tentang realitas kehidupan di Tapanuli. saya tertarik untuk menggunakannya sebagai bahan untuk kalender HKBP. boleh kan?

  86. Terimakasih Ito, kami terberkati dan bisa mengenal Tarutung dari Blog Ito.
    Kami mohon informasi dari ito karena Kami koor Ama HKBP Taman Mini, Jakarta Timur akan melakukan wisata rohani ke Salib Kasih, Seminarium Sipoholon, Gereja Dame Sait ni Huta, salah satu Gereja kecil di sekitar Tarutung, atau Dolok Sanggul atau Sidikalang. Direncanakan berangkat sekitar bulan April 2009. Kami ingin informasi Hotel atau Losmen yang bersih tetapi murah disekitar Tarutung, juga di Dolok Sanggul atau Sidikalang, kalau bisa mohon juga info tentang tarif hotel tersebut dan nomor telpon yang bisa diubungi.

    Mauliate Ito nabasa.

    Juanto Sitorus

  87. Horas ito Riyanthi !

    Si Fransiscus ito, anggihu siampudan ma ibana.

    @Horas lae DIAN

    Molo hata NIPARHAHANG lae ndang sada suku kata, alai dua suku kata do. Ingkon sirang\pisah do hata NI dohot PARHAHANG.

    Alai molo hata PINARHAHANG sada suku kata do i, di hata PINARHAHANG i adong do sisipan IN, i ma PARHAHANG + IN.

    Jala pamangkena pe marimbar do molo dibaen tu sada kalimat, isarana :

    1. HORAS MA DI NI PARHAHANGHU !

    2. HORAS MA DI PINARHAHANGHU !

    Kalimat 1 lae gabe hurang suman do jahaon.
    Jadi mamereng situasi na do pamangkeon ni hata ” NI PARHAHANG ” dohot ” PINARHAHANG “.

    Songon i ma jolo na boi hupatangkas\hupatorang tu hamu lae.
    Molo adong na marhumurang\lobi jumolo au marsantabi.

    HORAS !

  88. @bobsiregar

    iya, di medddaaannn..😀

    halah, udah melewati medan, baru dibilang, hehehe..

    di bagian pendidikan di sini, ya begitu lah mencari sesuap nasi, segenggam berlian, bang😀

    btw, kapan2 ajarin jepret2 dong bang😀

  89. Bah….naung pinda do ho ito?. Dibereng camer ma annon didokhon ma, Boru anturi pangkail i do parumaenku?” bababababa….ganti ma i ito, Salib Kasih ima baen ito alana nungnga hira i nuaeng simbol ni Tarutung di roha ni angka naung hea sian i. Mauliate

  90. ito boru anturi ini hebat juga ya…masih sempat mancing dan diabadikan pula..di danau toba do i??
    jangan lupa camernya diajak mancing ya….ha..ha..

    baguss..

    salam..

  91. @Maju Siagian
    Itu di Banda Aceh ito, jadi di laut, bukan di danau, hehehe…
    Eh, ito nggak mau ikut mancing juga?😀

    Hujan belum datang ito, katanya becek, gak ada ojek😀😀

  92. Horas Ito,
    Salam kenal saya Michael Siregar di USA, Siregar dan Sianturi sama sama Lontung kan Ito…?!
    Saya mau tanya kalau Ito Partarutung mungkin tau, kalau Hutabarat di Aekrangat dekat Sirpang opat itu Hutabarat apa ya…?soalnya Oppung bao dari sana tapi saya sudah tidak tau Hutabarat apa.
    Mauliate.

  93. @michaelsiregar

    Salam kenal.
    Yup Siregar dan Sianturi sama-sama keturunan Siraja Lontung😀

    kalau setahu saya Hutabarat Aekrangat namanya, tapi tak bisa saya pastikan ito😀

  94. horas….ito, salam kenal buat ito dan semuanya,
    aku mau tanya bolehkah aku minta ke ito ku naburju dan siapa aja yang bisa membantu untuk mengirimkan silsilah dari siraja batak yang dalam bentuk gambar seperti pohon tapi dalam format ukuran kertas A4, aku sudah punya tapi ukuran yang gede….susah untuk membawanya

    salam dari

    Julianto Mario Pandiangan

  95. klo belajar soal photo mah gampang aja kok
    tinggal kemauan aja😀
    betewe uda liat blum link galleryku ???
    heheh
    ada ym ga?
    klo ada add aku di bobs_rjs@yahoo.com
    nanti aku kirim link tentang photografi yang bagus bagus juga cara pengolahan secara digitalnya😀

    banyak juga photo ku tentang tarutung cuma lanscape semua sayang aku ga pernah masukkan kedalam gallery ku
    rencananya mau di masukkan dalam gallery pribadiku nanti yang lagi tahap pembuatan😀
    semoga bagus😀
    doakan yah😀
    hehehe😀

  96. @bobsiregar

    kemauan sudah ada bang😀

    gallery abang sudah beberapa kali aku liat😀

    YM pasti ada, sudah aku add tadi😀

    ditunggu kiriman link-nya

    dan gallery pribadinya ya bang.

    jangan lama-lama kali awak nunggu ya bang,

    hehehehe…

    thanks

  97. tersebutlah seorang pemuda bernama si Polan bermarga ** dari turunan Lontung (harimau).

    Sahdan Polan sedang suntuk dan jalan-jalan ke ragunan. Sesampai di pinggir kandang harimau…tiba tiba seekor harimau mendekati dan mengaum keras dan menatap Polan dengan marah..seolah terusik dengan kedatangan Polan. Kesal, Polan berkata ke harimau: so mabiar au tu ho..ai pomparan ni lontung do au..
    Tiba-tiba si harimau nyelutuk: pomparan ni lontung pe huallang do..

  98. @ si boto lungun
    “Ndang porsea ho? Pajonok tu son asa hu hilhili tanggurungmi” ninna harimo itu huhut diossop sopa-soani tuakna i.

    “Aha di dok ho? So huseat rungkungmi” Ninna pomparanni lontung huhut mandao sian harimo i.

    “Dasar lontong” kata harimo di dalam hati…

  99. Hallow Rianthy…masih ingat nya ito sama aku puang….aku ni teman mu pad di SMP 2, pas kelas 2 n 3 ungggulan, ya to???/

    didia do nuaeng ho karejo puang, nunga masihol iba puang tu akka dongan par smp 2 dohot par tarutung..

    anggo au di jawa do nuaeng dabah,,,,mangaratto…gabe bang toyib (songon nadi dok ni ende i), 3 x lebaran ga pulang-pulang hehehe… balas da tu alamat email hu…thanx

  100. Horas. Salam kenal…
    Wah, ingat masa kecil dulu waktu di Jambi tiap tahun mudik ke Dlk. Sanggul. Dan pasti lewat Tarutung. Singgah di pasarnya, beli kue, belanja, ato cari ulos. Lapek, ombus2, panukup….Hm…

    Lama tak pulang, Tapi nickname anakku really “Rura”, singkatan dari Rumaisha Rasyida, dan Rura, molo dang salah, setelah dijelaskan mamak aku, artinya semacam sempadan, atau riparian. Just like my dream, nama yang berhub dengan sungai. I love river. Opungku dulu selalu bawa aku menyebrangi Aek si Bundong, menjala ikan, dan menemaninya dengan kuda2. Bukan istal, emang profesinya Jagal Kuda…

  101. HORAS ITO !

    Selamat Hari Natal Ito !

    Sahat tabihu tu Amang tua dohot Inang tua di Tarutung. Dohot pasahat tabihu tu Amang tua Liza molo pajumpang hamu di Tarutung.

    HORAS !

  102. Horas….
    Au Par Tarutung alai magodang di Adiankoting.
    Rumahku dekan kuburan nadi Hutaharambir.
    Au lulusan SMP Negeri Adiankoting dan tahun 2008 au ngikutin REUNI 50 Thn SMP Negeri Adiankoting, lumayan seruu… pada nggak kenal ama kakak kelas apalagi ama adik kelas, maklum saya cukup lama merantau dari Adiankoting, jadi jarang jumpa.
    Saya telah lulus S-2 dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta jurusan Veteriner. kalau mau konsultasi ama dongan sahuta bisa di hubungin email: felix_tobing@yahoo.com.Mauliate.

  103. hi..lam knal y dr ak,,ak ank STM N 1 BLORA lebih tepatnya lg SEMARANG JATENG,thank y mbak atas panduannya ttg teknik pengmbiln gambr,jd ak smkn yau gmn motret gmbar y baik sX lg thank ya….???

    • @deni toruan
      horas pak,
      Apa kabar di kampus?😀
      Kalau dari kami nya sih pak, sedang tersendat sekarang😦
      Semoga semua kegiatan gak bentrok lagi😀

      Salam

  104. horas kak dan met kenal…
    kak maap sebelumnya!, sejak kemarin aku mencari Foto2 HKBP Hutagalung Harean,di mulai dari Googel hingga akirnya mendarat disini kak! kak, bolehkah saya men-download Foto itu kak, tapi permasalahanya kak, foto itu akan saya jadikan salah satu Profil Picture/Arsip di Hutagalung Comunity, di Facebook.com Kak… maaf yah kak,hehehe btw bila kakak mengizinkan, dengan rendah hati kami akan meng-Gunakanya sebaik mungkin kak! sumpah pramuka deh kak! heheheh
    mohon balasanya! tgz b4 n gbu

  105. Hello, ito Riyanti..
    Salam kenal ya…
    Kalau aku sudah besar di pematangsiantar, tapi kalau Oppung asli Muara lho, dekat tugu Simatupang.
    Sekarang aku “merantau” kaltim dan di kaltim kami telah membentuk punguan Siantur, jala godang do “hita” di son.
    Songoni majo ate.
    Mauliate.

    • Horas ito Parlin. Senang bisa bertemu dengan para ito marga Sianturi di blog ini. Kami juga asalnya di Muara, tapi ompung sudah di Tarutung.
      Titip salam buat saudara di Kaltim ya ito.

    • Horas ito Parlin. Senang bisa bertemu dengan para ito marga Sianturi di blog ini. Kami juga asalnya di Muara, tapi ompung sudah di Tarutung.
      Sekarang saya belum sempat ke Muara buat ambil foto pemandangan indah di sana. Semoga bisa secepatnya ya ito😀
      Titip salam buat saudara di Kaltim ya ito.

  106. Hallo horas ito, moga dalam keadaan sehat walafiat. dulu waktu ito kuliah di DEL kampung kita di Simatupang mungkin ito pernah kesana atau belum tapi tidak jauh dari Kampus DEL itu. saya Simatupang Sianturi tinggal di jawa. Ito aku kurang setuju sebutan namamu contohnya si Riyanti sebutan si disitu kayaknya melecehkan nama beda dengan marga-marga berawalan Si. Sinaga, Situmorang, Sianturi, Siregar dll karena merupakan inklutan barangkali saya juga tidak begitu paham tentang itu. tetapi coba sebut ito si Riyanti, abang si Jonner ( kebetulan nama saya ) bandingkan ito Riyanti, abang atau bang Jonner enak kayaknya tidak ada unsur negatipnya. saya kayak guru bahasa ate he.he..he..Horasma ito selamat beraktivitas. Terima kasih.

    • @Tamin Jonner Simatupang
      Ya, saya pernah di kasih tau Bapak kalau di dekat Del ada kampung Simatupang. Tapi saya belum pernah ke sana ito.
      Mengenai penggunaan “si”, saya sudah perbaiki ito.
      Terima kasih koreksinya ya, ito😀

  107. Salam kenal dek…aq alumni 1999 dari SMUNTA,jujur seneng lho bs gabung,bahkan lihat foto” Sekolah yg emg gak bs dilupakan…salam kenal buat smua temen”nya ya,molo au tinggal diSilangkitang do.ima asar ni parkaccang sihobuki…Molo boi au manukkun aha do lapatan ni Kacang Sihobuk?..alana sahat tusadarion dang huattusi lapatan ni Sihobuk,bahh alusi ma jo au ate adek??…

  108. halo
    salam kenal ma tu kaka
    au sian tanjung leidong blok 3 sei kubung
    ale nunga 8 taon di medan
    biasa ma mangalului ilmu.
    godang do kenalan angka suku na lain
    adong nias,jawa,padang,xxxx
    ale nalomoan rohangku tu anak batak
    lului jolo da ka

  109. HAAAAIIIIIIIIIII…….
    SALAM KENAL YACH,,,,,
    W PGIN KENALAN AJA AMA TMN2 YANG SUKU BATAK
    N GW TGGL D MEDAN CARI ROKKAP
    D BALAS YACH,,,W TUNGGU

  110. Horas Ito…(mar-ito ma jolo ahu. (Ai so huboto dope sundut papigahon do ito di marga Sianturi).
    Ia goarhu : Henry Irawan Sianturi, . Pomparan ni Ompung i Sianturi Simangonding – Siharinuan – Toean Di Horbo – Ompu Raja nauli. Jala ahu sundut pa-15 hon. Anggo natua-tua i tinggal di Medan do, jala ahu di Sipirok-Tapanuli Selatan. Halak ompung nahinan, najolo mangaranto sian Muara tu dompak Barus jala mamukka huta disi na margoar “Muara Bolak” ala bahat pangisi ni huta i pomparan ni Si Raja Lontung (sampai saunari ndang boi marsibuatan).
    Eda muna di jabu boru Sembiring Meliala (hatiha mar-Adat Toba hami di Medan, Silahi Sabungan ma natua-tuana dongan ni hula-hula i marga Sembiring na ro sian Tanah Karo). Jala nungga dibasa-basahon Tuhan di hami 2 dakdanak baoa.
    Molo hubereng sian najolo jago do Blog ni Ito on jala khas bernuansa Batak.
    Songoni ma jolo ate, Ito! jala sahat tabekhu tu sude pangisi ni Blog-on, huhut mandok : SELAMAT PASKAH!

  111. Hi. I’m Paul Gilbert Sianturi, Mr.Big guitarist former.I got something i’d like to say to you sist, YOU ARE A BRILLIANT GIRL!Perhaps we don’t know each other, but i believe you really are.

  112. horas ito riyanthi………… salam kenal y. ngomong2x, cantik jg y pk kc spion? eh…. mksdnya kc mata….
    thank, dr. GINDA HAMONANGAN SITOHANG…

  113. horas ito riyanthi salam kenal dari diri qu,..ito tw bgt ttg sejarah siraja lottung dari mn,?klo btw skrg ito tinggl dmn,_aq orang tarutung jg ( sipoholon,pasar sirongit )..skrg lg ngadu nasip di pulo jawa..horas,??

  114. salam kasih karunia yesus kristus
    horas ma di hita na nihaholongan ni yesus

    holan porsea dohot mangolu di bagasan Yesus do hita di portibion.

    butima

    PARNINGOTAN SI RAJA TURI

  115. Horas………….
    Salam kenal ma tu Ito di tarutung ate!
    goar ni ahu ito lamtumorang pasaribu
    sarupa do hita asli produk sian batak do

    Saon nari molo ahu nga tinggal di Medan untuk melanjuthon parsikkolaan

    molo ito, boada khabar na disan
    sehat-sehat do khan!!!

  116. syalom……………..
    salam kenal ya………….
    kenalin nm sy: denny br simbolon, 4 mei 1979,tinggal di medan,huta di pangururan desa sianting2.
    saya manggil apa neh ama riyanthi??lagian cow saya jg marga sianturi.
    Sibuk apa neh skrng????

  117. Selamat Pagi Ito/namboru yang berada di Kota Tarutung. Salam ketemu, aku rencananya pengen bikin Tarombo Sianturi Tuan Di Horbo pinompar Sianturi Si Harinuan biar bisa keturunannya membaca/mengetahui siapa dia

    Salam, Horas

    Partogi Raja Hasudungan Sianturi dari pinompar Sianturi Tuan Di Horbo Jakarta

  118. weleh, bere riyanthi ternyata udah tahu dunia maya hehe…Bere aku td nyari alkitab versi toba, minta tlg dunk kirim ke email aku ya…klo ada buku ende nya juga hehe…hp nya simbian S60 ver 3 (Nokia E71).

    Thanks ya bere Riyanthi….

  119. horas ito riyanthi tolong sampaikan salam ke Bupati Taput biar lebih giat membangun kota Tarutung, gimana caranya biar ada penanam modal datang ketarutung biar kita jangan di cap peta kemiskinan.

  120. salam kenal..bapakku orang asli sibolga, tinggal di kota beringin..tp aku belum pernah kesana,wktu itu hanya sampai balige.itu jg wktu krj.salam kenal yah.

  121. Pingback: Family Furniture

  122. Salam kenal itu, senang bisa bertemu ito di blog ini dan melihat karya2 fotografinya. Saya berharap suatu saat kita bisa bertemu dan bekerjasama untuk menciptakan gagasan batu untuk Bona Pasogit.

    Jika berkenan, silakan berkunjung ke blog saya (www.mytraveldigest)
    Horas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s